Selasa, 19/02/2013

Trihatma K. Haliman: “Pengembang Bukan Penyebab Banjir”

-jktproperty.com
Share on: 441 Views
Trihatma K. Haliman: “Pengembang Bukan Penyebab Banjir”

JAKARTA, jktproperty.com – Tudingan selama ini yang dialamatkan kepada pengembang sebagai penyebab bahkan biang keladi musibah banjir di Jakarta dinilai keliru. Menurut Trihatma K. Haliman, bos Agung Podomoro Land yang bicara dalam kapasitasnya sebagai wakil ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bidang properti dan kawasan industri, tudingan itu harus diluruskan karena dapat merusak citra pengembang. “Itu persepsi yang keliru. Pengembang selalu disebut-sebut sebagai penyebab bencana banjir di Jakarta,” ujarnya.

Dia lantas mencontohkan kesadaran akan lingkungan cukup tinggi di kalangan pengembang. APL, demikian Trihatma mencontohkan grup konglomerasi properti di bawah kepemimpinannya, juga selalau melakukan studi kelayakan lingkungan terhadap proyek-proyek yang akan dan sedang dibangun.

“APL misalnya menjalin kerjasama dengan Pusat Studi Lingkungan Hidup Institut Teknologi Bandung (PSLH ITB). Kami melaksanakan audit lingkungan terhadap berbagai proyek yang sedang dan akan dibangun. Bahkan untuk proyek-proyek yang telah kami bangun kami melakukan audit lingkungan,” katanya.

Lebih lanjut Trihatma mengatakan kalangan pengembang juga siap menghadapi audit lingkungan terhadap proyek yang mereka kerjakan. Sebelumnya, Kadin mengusulkan kepada pemerintah sejumlah langkah antisipatif dalam menghadapi dampak banjir. (GUN)