Selasa, 09/05/2017

Tingkatkan KPR dari Sektor Informal, Bank BTN Bidik Pengemudi Gojek

-jktproperty.com
Share on: 2557 Views
Tingkatkan KPR dari Sektor Informal, Bank BTN Bidik Pengemudi Gojek
Foto: Ist
BIDIK PENGEMUDI GOJEK: PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk bekerjasama dengan Gojek Indonesia membidik pengemudi Gojek untuk meningkatkan penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) di sektor informal.

JAKARTA, jktproperty.com – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk bekerjasama dengan Gojek Indonesia membidik pengemudi Gojek untuk meningkatkan penyaluran kredit pemilikan rumah (KPR) di sektor informal.

Direktur BTN Handayani menyebut kerja sama ini menjadi kali kedua bank BTN menyalurkan pembiayaan ke sektor pekerja informal. Saat ini pihaknya telah mengantongi komitmen dari 12 pengembang untuk penyediaan perumahannya.

Perumahan bagi pekerja sektor informal ini, sebutnya, sangat layak ditempati dan didesain sesuai kriteria Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. “Setidaknya delapan pengembang diantaranya produk rumahnya sudah siap, tetapi memang belum ada pengembang besar yang terlibat,” ujarnya.

Menurutnya untuk menyesuaikan kondisi pengemudi dan memudahkannya, maka pengemudi dapat melakukan sistem cicilan Rp42.000 per hari.

Sementara itu CEO Gojek Nadiem Makarim mengatakan selama ini memang belum ada dukungan pembiayaan yang menyentuh pekerja sektor informal. Hal itu lantaran mitra gojek yakni pengemudi diasumsikan tak memiliki akses terhadap produk perbankan.

Padahal, Gojek mencatat setidaknya 40.000 pengemudi telah memiliki akses asuransi, dan 200.000 pengemudi memiliki akses ke tabungan, serta anjungan tunai mandiri (atm).

“Dengan adanya tiga perbankan yang tertarik masuk ini akan memberikan kesempatan dan dampak yang lebih nyata,” katanya.

Akses pembiayaan perumahan ini dilakukan untuk perumahan yang tersebar di beberapa wilayah, yakni Bekasi, Tangerang, Bogor, Depok, Ciputat dan Cikarang. Para pengemudi bisa memperoleh perumahan bertipe 26-31 m2 dengan luas lahan 60-70 m2. (GUN)