Kamis, 17/10/2013

Tingkat Hunian Hotel Selama Pemilu Akan Terdongkrak

-jktproperty.com
Share on: 379 Views
Tingkat Hunian Hotel Selama Pemilu Akan Terdongkrak

JAKARTA, jktproperty.com -Tingkat hunian atau okupansi perhotelan selama pemilihan umum (pemilu) 2014 dipastikan akan terdongkrak mengingat akan banyaknya agenda meeting, incentive, convention, exhibition (MICE) yang digelar. Associate Director Research & Advisory Cushman & Wakefield Indonesia Arief Rahardjo mengatakanmemasuki putaran Pemilu 2014, kegiatan MICE akan terus terjadi dan akan semakin gencar dilakukan menjelang dan saat pemilu.

“Hampir bisa dipastikan okupansi untuk hotel bintang 4 dan 5 akan mengalami peningkatan mencapai 80% lebih,” katanya.

Dia mengatakan saat ini okupansi rata-rata hotel bintang 4 dan 5 sekitar 60% atau paling tinggi 70%. Sementara pada akhir 2013, tingkat hunian dari pasar hotel di Jakarta diperkirakan mencapai 73%, dimana sekitar 60% tamu hotel bintang 3, 4, dan 5 merupakan kombinasi kegiatan MICE, pelancong bisnis baik domestik maupun institusi pemerintah. “Kenaikan jumlah tamu dengan durasi tinggal pendek atau menengah selama masa pemilu, saya yakin pasar hotel 2014 akan terus tumbuh positif,” ujarnya.

Sementara itu di tempat yang sama Managing Director Cushman & Wakefield Indonesia David Cheadle menilai kecenderung yang terjadi akibat pemilu hanya akan memberikan guncangan sementara waktu pada pasar properti secara keseluruhan.”Memang, sebagian besar pengusaha memilih mengambil sikap wait and see, sebagian lainnya tetap menjalankan bisnis seperti biasa, dan sebagian lagi memanfaatkan pemilu sebagai peluang untuk tumbuh,” kata David. (LEO)