Selasa, 12/01/2016

The Kingdom Tower Patahkan Rekor Burj Khalifa

-jktproperty.com
Share on: 3475 Views
The Kingdom Tower Patahkan Rekor Burj Khalifa
Ilustrasi
THE KINGDOM TOWER: Mimpi Al Waleed Bin Talal, pangeran Arab Saudi untuk memiliki menara tertinggi di dunia sebentar lagi terwujud. Menara The Kingdom Tower (burj jeddah ) diprediksi akan rampung pengerjaannya dua tahun mendatang.

JAKARTA, jktproperty.com РMimpi Al Waleed Bin Talal, pangeran Arab Saudi untuk memiliki menara tertinggi di dunia sebentar lagi terwujud. Menara The Kingdom Tower (burj jeddah ) diprediksi akan rampung pengerjaannya dua tahun mendatang.

The Kingdom Tower dibangun setinggi 1 km atau sekitar 3,307 kaki. Ketinggian itu mengalahkan menara burj khalifa kebanggan rakyat Dubai yang dibangun setinggi 828 meter. Dengan begitu, menara dalam bahasa arab dikenal dengan sebutan burj Jeddah atau burj jiddah akan menjadi menara tertinggi menggeser posisi burj khalifa sebagai menara tertinggi di dunia.

Menara tertinggi yang dibangun pengembang Jeddah Economic Company (JEC) menelan biaya tak murah. Untuk menuntaskan obsesinya itu, Jeddah Economic Company harus merogoh kocek dalam-dalam. Nilai investasinya mencapai UU$ 1,23 miliar atau setara dengan 12,2 triliun.

Menurut rencana, menara Jeddah akan dibangun setinggi 200 lantai akan diperuntukkan sebagai hunian, area perkantoran dan apartemen. Burj jiddah sengaja dibangun dengan desain canggih agar para penghuni bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman.

Untuk membangun menara super tinggi itu, pengembang menggandeng arsitek ternama asal paman sam, Adrian Smith yang juga arsitek burj khalifah. Salah satu soal ancaman pada ketinggian tertentu adalah kekuatan angin. Untuk mengantisipasi itu, arsitek lulusan University of Illinois, Chicago ini mendesain menara dengan badan agak ramping dan sedikit miring dari kingdom berfungsi untuk mengurangi beban angin yang menghempas secara langsung ke badan menara.

Tak hanya didesain secara modern, fasilitas di dalam menara The Kingdom Tower juga akan dilengkapi dengan 59 elevator serta 12 eskalator guna memberi kenyamanan bagi penghuninya. Untuk elevator sendiri, pengembang menyiapkan elevator super cepat yang mampu melaju 10 meter per detik. Artinya, untuk mencapai puncak tertinggi menara hanya membutuhkan waktu sekitar 1, 40 menit.

Fasilitas lain yang akan memanjakan penghuni gedung pancakar langit ini adalah letaknya yang strategis karena berhadapan dengan pemandangan dan hamparan laut merah terkenal dengan keindahannya. Dari balik kejauhan, diseberang laut merah terhampar view Negara piramid. (ARM)