Selasa, 28/02/2012

Surya Semesta Akuisisi 1.000 Hektar Lahan Industri

-jktproperty.com
Share on: 582 Views
Surya Semesta Akuisisi 1.000 Hektar Lahan Industri

JAKARTA: Tahun ini PT Surya Semesta Internusa Tbk (SSIA) akan mengakuisisi lahan kawasan industri baru seluas 1.000 hektar. Lahan yang diakuisisi itu nantinya akan dilepas ke pasar dengan kisaran harga US$85 per m2.

Sekretaris Perusahaan Surya Semesta Internusa, Utari Sulistiowati, mengatakanrencana akuisisi itu akan dilakukan tahun ini namun dia belum mengestimasi kebutuhan dana yang akan dialokasikan perseroan. Sementara untuk pengembangan lahan KI, dia mengatakan perseroan menyiapkan dana Rp900 miliar.

Dari jumlah itu, Rp630 miliar merupakan dana pengembangan kawasan fase II dan III, dan sebagian lagi untuk komersial area. Belanja modal ini di luar akuisisi lahan kawasan baru. Sisa belanja modal, sekitar 25% untuk pengembangan budget business hotel dan penyelesaian renovasi GMJ. Kemudian, 5% sebagai dana pembelian alat-alat berat pada unit usaha jasa konstruksi. Sebagian dana capex bersumber dari penerbitan obligasi Rp 500 miliar. Surat utang ini rencananya bakal terbit di Juni 2012. Sisanya, menggunakan dana internal.

“Pada saat ini sedang dilakukan persiapan untuk pengeluaran obligasi tersebut. Penjamin emisi atau underwriter belum ada penentuan,” kata Utari. (SIN)