Kamis, 31/05/2012

Summarecon Mal Bekasi Beroperasi Kuartal II-2013

-jktproperty.com
Share on: 433 Views
Summarecon Mal Bekasi Beroperasi Kuartal II-2013

JAKARTA: PT Summarecon Agung Tbk, pengembang Summarecon Bekasi, menargetkan pengoperasian mal di kawasan hunian baru itu pada kuartal II-2013 mendatang.

Dirut PT Summarecon Agung Tbk Johanes Mardjuki mengatakan hadirnya Summarecon Mal Bekasi akan semakin menggairahkan industri ritel di Bekasi yang terus tumbuh seiring tumbuhnya perekonomian masyarakat setempat. “Kami menargetkan pada kuartal II-2013 mal ini sudah bisa beroperasi,” katanya saat RUPS perseroan di Klub Kelapa Gading hari ini.

Dia mengatakan Mal Summarecon Bekasi berada dalam pengembangan kawasan kota baru Summarecon Bekasi yang dibangun perseroan di atas lahan seluas 240 hektar. Di dalam kompleks Summarecon Bekasi saat ini tengah dibangun kawasan hunian dan komersial terpadu dengan standard kota modern sehingga nantinya dapat mengangkat pamor Bekasi sebagai kota hunian yang dilengkapi fasilitas komersial.

Nilai investasi yang dibenamkan perseroan untuk pembangunan Summarecon Mal Bekasi di atas lahan seluas 80.000 m2 mencapai Rp550 miliar, dimana sebagian besar atau Rp530 miliar di antaranya merupakan pinjaman yang diperoleh perseroan dari Bank Mandiri.

Sebelumnya, Bank Mandiri juga telah memberikan pembiayaan sebesar Rp250 miliar untuk mendukung Summarecon Group dalam merealisasikan pembangunan kota mandiri Summarecon Bekasi. Dari pinjaman itu Rp50 miliar digunakan untuk fasilitas kredit modal kerja dan Rp200 miliar untuk mendukung pembangunan infrastruktur dan fasilitas umum, termasuk pembangunan flyover sebagai akses ke kawasan Summarecon Bekasi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Pada kesempatan itu Johanes juga mengungkapkan PT Summarecon Agung Tbk membukukan laba bersih Rp148 miliar pada kuartal I-2012 dengan nilai penjualan proyek mencapai sebesar Rp849 miliar. “Sebagian besar pendapatan bersumber dari unit usaha properti development Summarecon Serpong. Sementara dari Summarecon Gading dan Summarecon bekasi memberikan kontribusi masing-masing 30%,” katanya.

Selama 2011 PT Summarecon Agung Tbk berhasil mencetak laba bersih year on year (yoy) sebesar Rp389 miliar dengan total pendapatan mencapai Rp2,36 triliun. “Ini adalah pencapaian pendapatan tertinggi selama perseroan ini berdiri,” tambah Johanes. (DHP)