Kamis, 23/04/2015

Sukseskan Program Sejuta Rumah, Pemerintah Bakal Revisi Beberapa Aturan

-jktproperty.com
Share on: 1144 Views
Sukseskan Program Sejuta Rumah, Pemerintah Bakal Revisi Beberapa Aturan
Foto: Ilustrasi
REVISI BEBERAPA ATURAN: Pemerintah akan merevisi beberapa peraturan untuk menyukseskan program pembangunan satu juta rumah.

JAKARTA, jktproperty.com – Pemerintah akan merevisi beberapa peraturan untuk menyukseskan program pembangunan satu juta rumah, termasuk di dalamnya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 23 Tahun 2010 tentang Pedoman Pemberian Izin Mendirikan Bangunan.

Plt. Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Syarif Burhanuddin mengatakan revisi beberapa peraturan itu untuk menyukseskan program pembangunan satu juta rumah yang dicanangkan pemerintah.

“Ada beberapa peraturan yang akan kita [pemerintah] revisi. Salah satunya Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.23/2010 tentang Pedoman Pemberian Izin Mendirikan Bangunan, pasal 23 ayat (1). Kata ‘dapat’ di dalam ayat ini diubah menjadi menjadi ‘wajib’. sehingga bunyinya menjadi Bupati/walikota wajib memberikan pengurangan dan atau keringanan penarikan retribusi IMB berdasar kriteria Bangunan Sosial Budaya dan Bangunan Fungsi Sosial Hunian bagi MBR,” katanya.

Pemerintah, kata dia, selain mengusulkan perubahan pada beberapa regulasi, juga akan melakukan intervensi. “Pemerintah tetap akan melakukan intervensi terhadap kebijakan untuk menjamin program satu juta rumah dapat terlaksana,” katanya.

Intervensi yang dimaksuda adalag berupa kebijakan pemberian bantuan uang muka sebesar Rp4 juta, penurunan uang muka minimal 1% dari semula 5%. “Intervensi terhadap besaran dan bantuan uang muka sudah berlaku sejak Maret lalu, tetapi pencanangannya akan dilakukan pada bulan April,” tuturnya. (PIT)