Minggu, 01/10/2017

SNJ Bangun Ruang Pendingin Berkapasitas 30.000 ton di Cikarang

-jktproperty.com
Share on: 345 Views
SNJ Bangun Ruang Pendingin Berkapasitas 30.000 ton di Cikarang
RUANG PENDINGIN: PT Suri Nusantara Jaya (SNJ), perusahaan yang bergerak di bidang distributor daging sapi dan kerbau, melebarkan sayapnya ke bisnis ruang pendingin (cold storage) berlokasi di kawasan industri Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

CIKARANG, jktproperty.com – PT Suri Nusantara Jaya (SNJ), perusahaan yang bergerak di bidang distributor daging sapi dan kerbau, melebarkan sayapnya ke bisnis ruang pendingin (cold storage) berlokasi di kawasan industri Lippo Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Komisaris Utama SNJ Diana Dewi,¬†dari yang telah beroperasi saat ini berkapasitas 30.000 ton, pihaknya akan membangun di sebelahnya dengan kapasitas yang sama. “Saat ini tengah tahap konstruksi,” kata Komisaris Utama SNJ, Diana Dewi di Cikarang, Bekasi, Minggu (1/10).

Menurut Diana, dari cold storage yang baru diresmikan (grand launching) sebanyak 80% dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan perusahaan, sedangkan 20% sisanya  disewakan kepada perusahaan lain diantaranya untuk daging ayam dan icecream.

Dia mengatakan dua ruang pendingin yang berlokasi di DKI Jakarta dengan kapasitas 2.200 ton saat ini sudah tidak mampu menampung stok daging milik perusahaan, untuk itulah kemudian dibangun di Cikarang, namun melihat peluangnya bagus maka dikembangkan lagi disebelahnya.

Diana mengaku tambahan cold storage yang kini dalam tahap pembangunan merupakan antisipasi tingginya permintaan di luar Jakarta, bahkan saat ini pihaknya sudah mengantongi lima mitra usaha, masih ada permintaan dari mitra lainnya namun sementara ini harus masuk daftar tunggu, diharapkan hadirnya tambahan kapasitas 30.000 ton dapat menjadi solusi.

Diana mengatakan, dengan harga yang kompetitif Rp16 per kilogram per hari ditambah pengelolaan yang baik optimistis mitra yang menjalin kerja sama ke depannya semakin banyak. Untuk menjadi mitra cukup menandatangani kontrak selama enam bulan yang dapat diperpanjang.

Terkait investasi, Diana mengungkapkan dengan kontrak yang dimiliki optimistis BEP dapat dicapai dalam lima tahun, nilainya sendiri di bawah nilai komoditi yang disimpan dalam lemari pendingin, untuk itu menjaga kepercayaan dari mitra menjadi modal dalam bisnis ini.

“Awalnya saya tidak tertarik berinvestasi di cold storate, namun karena teman-teman dari pengusaha banyak yang mengeluhkan terbatasnya ruang pendingin, maka kami bangunkan di Cikarang,” ujar Diana.

Diana optimistis dengan hadirnya ruang pendingin di kawasan Jabodetabek akan menjawab kebutuhan daging selama Ramadhan untuk ke depannya.

SNJ merupakan salah satu dari distributor daging nasional, dari 115.000 ton kebutuhan daging nasional perusahaan ini memasok 10%.

Di samping sebagai distributor daging, SNJ juga berbisnis daging olahan (sosis, kebab, bakso, dan bahan makanan lainnya) saat ini perusahaan sudah memiliki enam outlet Toko Daging Nusantara. Untuk itu perusahaan yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Pengolah Daging Skala Menengah Kecil dan Rumah Tangga (ASPEDATA) juga membuka kesempatan bagi mereka yang ingin bermitra sebagai penyalur daging olahan.

“Mudah saja untuk menjadi mitra sediakan lokasi, ruang pendingin serta yang lebih penting pemiliknya harus terjun langsung. Kalau cuma duit tetapi pemiliknya tidak mau terjun langsung kami akan tolak,” ujar dia.

Hadir dalam acara grand launching cold storage di Cikarang, Wakil Gubernur terpilih Sandiaga Uno, Ketua Kadin DKI Edi Kuntadi, Ketua Kwartir Daerah Pramuka Jakarta Sylviana Murni, Ketua Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) Indah Suryadharma Ali.

Dalam acara pembukaan tersebut juga berhasil memecahkan rekor MURI memasak daging terbanyak dengan bumbu nusantara yakni 1.000 kilogram (setara 1 ton) untuk kemudian dikonsumsi bersama-sama dengan tamu undangan dan anak yatim.

Acara memasak ini dipimpin ahli masak terkenal kelahiran Surabaya, Sisca Soewitomo untuk mengolah semur daging yang kemudian diikuti peserta rekor MURI. (PIT)