Rabu, 27/05/2015

SMF Suntik BTN Rp1,5 Triliun untuk Program Sejuta Rumah

-jktproperty.com
Share on: 1273 Views
SMF Suntik BTN Rp1,5 Triliun untuk Program Sejuta Rumah
Foto: Ilustrasi
SMF SUNTIK BTN: Total penyaluran pinjaman yang disalurkan SMF kepada BTN sejak 2006 sampai 31 Desember 2014 lalu sebesar Rp6,4 triliun dengan outstanding sebesar Rp4 triliun. Dengan penandatanganan Rp1,5 triliun itu maka jumlah pinjaman menjadi Rp7,9 triliun dan posisi menjadi Rp5,5 triliun, bank-bank yang dibiayai oleh SMF. Total pinjaman yang disalurkan SMF hingga saat ini adalah sebesar Rp11,1 triliun dengan jumlah debitur KPR sebanyak 210.249.

JAKARTA, jktproperty.com – Untuk mensukseskan program pembangunan sejuta rumah, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) menyuntikan pinjaman baru kepada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk sebesar Rp1,5 triliun.

Direktur Utama SMF  Raharjo Adisusanto mengatakan pembiayaan ini merupakan pinjaman pertama kalinya dan terbanyak setelah pencanangan program pembangunan sejuta rumah oleh Presiden Jokowi pada 29 April lalu. “Pencairan pertama ini diharapkan menjadi milestone sumber pendanaan lainnya untuk disalurkan ke BTN sebagai dukungan program sejuta rumah. Dana tersebut digunakan sebagai pembiayaan hunian masyarakat menengah ke bawah, terutama untuk rumah kepemilikan pertama,” ujarnya di Jakarta.

Menurut dia, SMF merupakan penyalur dana untuk mempercepat proses pencairan KPR. Saat ini, kredit untuk rumah lebih panjang daripada investasi. “Meski begitu, kami berharap panjangnya tenor untuk rumah ini bisa mencapai 30 tahun. Dengan demikian, diperlukan dana jangka panjang,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan dalam proses kerja sama dengan BTN, yaitu sekuritisasi tagihan KPR, diharapkan bisa mencapai Rp2 triliun. Total semester pertama mengalirkan Rp3 triliun untuk menunjang sejuta rumah dengan jumlah debitur KPR sebanyak 70.188 melalui program KPR Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan.

Adapun total penyaluran pinjaman yang disalurkan SMF kepada BTN sejak 2006 sampai 31 Desember 2014 lalu sebesar Rp6,4 triliun dengan outstanding sebesar Rp4 triliun. Dengan penandatanganan Rp1,5 triliun itu maka jumlah pinjaman menjadi Rp7,9 triliun dan posisi menjadi Rp5,5 triliun, bank-bank yang dibiayai oleh SMF. Total pinjaman yang disalurkan SMF hingga saat ini adalah sebesar Rp11,1 triliun dengan jumlah debitur KPR sebanyak 210.249.

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) mengemban misi dari pemerintah untuk mengalirkan dana dari pasar modal ke penyalur Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Tujuannya adalah untuk menambah percepatan volume KPR di Indonesia dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kesinambungan pembiayaan perumahan sehingga terjangkau oleh masyarakat, terutama masyarakat menengah bawah. Kegiatan pengaliran dana dilakukan dengan dua cara, yaitu memfasilitasi program sekuritisasi bagi penyalur KPR, serta menyediakan fasilitas pembiayaan kepada penyalur KPR dengan sumber dana dari penerbitan surat utang. Kedua program tersebut merupakan kegiatan utama perseroan. (PIT)