Senin, 04/02/2013

Setyo Maharso: “Vertical Housing Tepat untuk Jakarta”

-jktproperty.com
Share on: 347 Views
Setyo Maharso: “Vertical Housing Tepat untuk Jakarta”

JAKARTA, jktproperty.com – Ketua Umum DPP Real Estate Indonesia (REI) Setyo Maharso mengatakan Pemprov DKI Jakarta harus memprioritaskan pembangunan rumah susun (vertical housing) dalam menata kawasan Jakarta, terutama kawasan-kawasan kumuh yang masih banyak terdapat di kota ini. “Pemerintah pusat maupun daerah harus serius menata pola pembangunan kawasan Jakarta dan sekitarnya melalui peremajaan kota (urban renewal) dengan meningkatkan kualitas kawasan melalui land consolidation,” ujarnya.

Dia mengatakan di tengah keterbatasan lahan, pembangunan perumahan di Jakarta dan sekitarnya sudah tidak tepat lagi. “Rumah susun atau vertical housing menjadi pilihan yang tepat,” tambahnya.

Setyo REI mendukung rencana Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) dan Gubernur DKI Joko Widodo untuk menghidupkan kembali program pembangunan 1.000 Tower Rusunami yang dicanangkan pemerintah, terutama di Jakarta yang saat ini mati suri. “REI yakin dan optimistis, jika revisi aturan soal koefisien luas bangunan (KLB) yang ditetapkan dari 3,5 kembali menjadi 6, maka pembangunan 1.000 menara rusunami di Jakarta akan kembali marak,” katanya.

Mengenai permintaan rusunami di Jakarta, Setyo mengatakan sangat tinggi. “Insentif KLB 6 ini juga bagian dari patokan harga rusunami yang telah ditetapkan pemerintah, sehingga nantinya akan semakin mudah dijangkau oleh masyarakat,” tambah Setyo.

Seperti diketahui pembangunan rusunami di Jakarta tersendat karena ketentuan KLB oleh Pemprov DKI yang dinilai kurang menguntungkan pengembang. Dengan KLB 3,5 yang ditetapkan Pemprov DKI maka tinggi lantai rusunami yang dibangun tidak terlalu tinggi. Akibatnya dalam perhitungan bisnis pengembang, membangun rusunami sangat tidak menguntungkan, karena jumlah unit yang bisa dijual dengan KLB sebesar itu sangat terbatas. Dengan KLB 3,5 maka jumlah lantai rusunami yang dibangun pengembang hanya dibatasi 12 lantai. (PIT)