Jumat, 08/01/2016

Sebanyak 39 Hotel Baru Dibangun di Jakarta Jelang Asian Games 2018

-jktproperty.com
Share on: 11011 Views
Sebanyak 39 Hotel Baru Dibangun di Jakarta Jelang Asian Games 2018
Foto: Ilustrasi
HOTEL DI JAKARTA: Sepanjang 2016 hingga 2017 mendatang akan ada 39 hotel baru yang dibangun di Jakarta. Selain karena pasar perhotelan tengah cemerlang, pembangunan proyek hotel itu juga bertepatan dengan akan digelarnya Asian Games 2018.

JAKARTA, jktproperty.com – Sepanjang 2016 hingga 2017 mendatang akan ada 39 hotel baru yang dibangun di Jakarta. Selain karena pasar perhotelan tengah cemerlang, pembangunan proyek hotel itu juga bertepatan dengan akan digelarnya Asian Games 2018.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Purba Hutapea mengatakan puluhan hotel baru itu diharapkan sudah mulai beroperasi pada 2017. “Salah satunya untuk mendukung ajang Asian Games tahun 2018 dimana Jakarta menjadi tuan rumah,” katanya di Jakarta, Kamis (7/11).

Dengan hadirnya proyek-proyek baru tersebut, Jakarta akan mendapat tambahan lebih dari 7.000 kamar hotel. “Selain akan men-support kebutuhan akomodasi saat Asian Games, ini positif untuk mendukung kegiatan bisnis dan perekonomian Jakarta. Pembukaan hotel baru itu juga akan membuka lapangan kerja. Dengan beroperasinya hotel-hotel baru itu, nantinya di Jakarta akan ada 550 hotel,” ujar Purba.

Sementara itu konsultan properti Colliers International Indonesia mengingkapkan 39 hotel baru yang akan dibangun di Jakarta itu terdiri 9 hotel bujet, 10 hotel bintang tiga, 15 hotel bintang empat, dan 5 hotel bintang lima. Penambahan hotel yang cukup banyak ini akan membuat sektor ini makin tertekan. Sebab, saat ini sudah terjadi perang tarif akibat turunnya sejumlah hotel bintang lima menjadi bintang tiga.

Para pengusaha, demikian Colliers, masih tertarik masuk sektor ini karena mereka lebih optimis setelah larangan bagi instansi pemerintah menyelenggarakan kegiatan di hotel dicabut.

Pihak Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Indonesia Desember lalu mengumumkan bahwa Indonesia memiliki jumlah kamar hotel yang terbanyak dibanding negara-negara lain di ASEAN.

Ketua Umum PHRI Hariyadi Sukamdani mengatakan, saat ini jumlah kamar hotel di Indonesia mencapai 270.500 unit, dan akan bertambah 58.000 pada tahun depan. “Sektor pariwisata hari ini jumlah kamar hotel kita terbesar di Asean. Kami melihat sektor pariwisata akan menjadi pemain yang cukup signifikan menyumbang pendapatan negara,” katanya.

Menurutnya, dalam beberapa tahun ke depan sektor pariwisata akan menjadi sumber pendapatan baru bagi negara. Bahkan Hariyadi menyebut sektor ini bisa menggantikan sektor komoditas yang selama ini menjadi tumpuan. Terlebih, pemerintah telah memberikan fasilitas bebas visa kunjungan yang diyakini akan mendatangkan wisatawan mancanegara semakin banyak. Dia optimistis pada tahun depan jumlah wisman mencapai 10 juta orang. (EKA)