Kamis, 21/07/2016

Sebagian Besar Aset Tanah Milik Pemprov DKI Belum Disertifikasi

-jktproperty.com
Share on: 1427 Views
Sebagian Besar Aset Tanah Milik Pemprov DKI Belum Disertifikasi
Foto: Ilustrasi
SERTIFIKASI TANAH: Pemprov DKI Jakarta mengungkapkan total tanah aset Pemprov DKI Jakarta masih banyak yang belum disertifikasi. Untuk itu pemprov akan menelusuri seluruh asset lahan miliknya untuk selanjutnya disertifikatkan. Ini untuk menghindari penguasaan oleh pihak lain dan sengketa saat akan dimanfaatkan.

JAKARTA, jktproperty.com – Pemprov DKI Jakarta mengungkapkan total tanah aset Pemprov DKI Jakarta masih banyak yang belum disertifikasi. Untuk itu pemprov akan menelusuri seluruh asset lahan miliknya untuk selanjutnya disertifikatkan. Ini untuk menghindari penguasaan oleh pihak lain dan sengketa saat akan dimanfaatkan.

“Total bidang tanah yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta mencapai 5.500 bidang di lima wilayah dan yang sudah tersertifikasi baru 2.700 bidang. Sisanya akan kita lengkapi legalitasnya dan ditargetkan seluruhnya sudah tersertifikasi dalam waktu tiga tahun ke depan,” ujar Wakil Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKAD) DKI Jakarta Michael C. Rolandi di Balaikota, Kamis (21/7).

Selain melakukan pendataan pada tahap awal Pemprov DKI Jakarta akan mulai melakukan pemasangan plang pada lahan yang sudah diinventarisir. Plang tersebut memiliki corak dan warna identik dengan Pemprov DKI Jakarta agar masyarakat mudah mengenali. Selanjutnya pada tahun 2017 seluruh aset tersebut akan dipagar. Harapannya dengan langkah-langkah ini lahan yang belum digunakan tidak mudah dikuasai dan dimanfaatkan pihak lain.

“Untuk sertifikasi memang membutuhkan waktu cukup lama, tapi seluruh aset ini sudah di-input di e-Aset maksimal hingga akhir tahun ini. Masyarakat bisa melihat aset lahan pemprov dan bisa segera melapor bila ada yang memanfaatkan,” tandasnya. (EKA)