Rabu, 26/06/2019

Savills: Pemangkasan PPnBM Hunian Rp30 Miliar Tak Buat Bisnis Bergeliat

-jktproperty.com
Share on: Facebook 511 Views
Savills: Pemangkasan PPnBM Hunian Rp30 Miliar Tak Buat Bisnis Bergeliat
Ilustrasi
EMERALD NEOPOLIS: Emerald Land Development menjalin kerjasama operasi (KSO) dengan PT Samudera Teknindo Hydraumatic, mengembangkan proyek mixed use development seluas 50 hektar di Karawang, Jawa Barat.

JAKARTA, jktproperty.com – Hunian dengan harga di bawah Rp30 miliar kini bebas dari pungutan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah atau PPnBM. Hal ini diyakini bisa menjadi angin segar atau membuat bisnis industri properti kelas atas kembali bergeliat.

Namun, menurut Kepala Riset dan Konsultan Savills Indonesia Anton Sitorus, efektivitas kebijakan tersebut baru bisa diketahui beberapa bulan ke depan. “Dampaknya tidak langsung membuat properti kelas atas bergairah. Kita lihat beberapa bulan ke depan, memang untuk kelas yang atas itu akan membantu banget,” ujarnya di Jakarta, Rabu (26/6).

Dia mencontohkan, untuk pembangunan rumah di kisaran harga Rp15 atau Rp20 miliar bisa saja kembali bergeliat. Karena, insentif tersebut akan menarik bagi investor. “Mungkin ke depannya, ada developer yang akan memunculkan proyek baru, pengembang meluncurkan proyek baru dengan harga yang baru, tapi di bawah Rp30 miliar”.

Sementara itu, terkait pemangkasan PPnBM untuk rumah mewah, apartemen dan kondominium seharga Rp30 miliar ke atas dari lima persen menjadi satu persen, dinilai tidak begitu berdampak. Sebab, jumlah hunian dengan level harga tersebut tidak sampai 10%. “Proyek properti di atas Rp30 miliar jumlahnya tak sampai 10%, kalau yang high end itu di bawah 10%.” (PIT)