Kamis, 15/03/2012

Royal Oak Beli Saham MKG Bangun Perkantoran

-jktproperty.com
Share on: 419 Views
Royal Oak Beli Saham MKG Bangun Perkantoran

JAKARTA: Setelah tahun lalu memutuskan untuk fokus pada industri properti, PT Royal Oak Development Asia Tbk (RODA) secara resmi mengumumkan telah membeli saham PT Megatama Karya Gemilang (MKG) senilai Rp144,7 miliar dan akan mengembangkan proyek perkantoran di Sahid Sudirman Center.

Di dalam surat penjelasan dan keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), pembelian saham MKG oleh RODA sudah dilakukan secara tunai pada 1 Maret 2012. Harga Rp144,7 miliar diperoleh dari penilai independen berdasarkan data per tanggal 30 September 2011. Pembelian MKG merupakan salah satu dari rencana akuisisi besar-besaran perseroan tahun ini. Pihak perseroan telah menyiapkan dana Rp1 triliun untuk mengakuisisi lima perusahaan properti.

Sedangkan MKG, seperti diungkapkan Dirut PT Royal Oak Development Asia Tbk Nio Yantony, diestimasikan akan memberikan kontribusi pendapatan 15%-25% dari proyek perkantoran di Sahid Sudirman Center. Sebelumnya RODA juga telah menggandeng Grup Sahid dalam proyek kerjasama pembangunan gedung perkantoran setinggi 52 lantai di Jakarta yang direncanakan selesai 2016 mendatang.

Tahun lalu RODA memutuskan melakukan restrukturisasi anak usahanya dengan melakukan divestasi saham anak usahanya senilai Rp730 miliar. Restrukturisasi itu terkait rencana perusahaan untuk fokus pada bidang properti saja. Sementara itu strategi perseroan untuk dapat lebih berkonsentrasi pada sektor properti diwujudkan dengan rencana melakukan akuisisi terhadap tujuh perusahaan yang bergerak dibidang properti senilai Rp512 miliar dimana rencana akusisi tersebut telah diperkuat dengan ditandatanganinya beberapa perjanjian pendahuluan jual beli atas saham ketujuh perusahaan tersebut.

Adapun ketujuh perusahaan properti yang akan diakuisisi tersebut yaitu PT Multi Pratama Gemilang (venturer dari pengembang proyek Sahid Sudirman di Sudirman,Jakarta pusat,), PT Tiara Sakti Mandiri (pengembang proyek Signature Park di MT Haryono,Jakarta Selatan), PT Fortuna Cahaya Cemerlang (Venture dari pengembang proyek Signature Park Grande di MT Haryono,Jakarta Selatan), PT Bangun Megah Pratama (pengembang proyek di Lebak bulus,Jakarta Selatan), PT Simpruk Arteri Realty (pengembang proyek di Simpruk,Jakarta Selatan), PT Indo Prakasa Gemilang dan PT Lumbung Mas Sejahtera (keduanya adalah pemegang saham dari pengembang proyek di Kemayoran,Jakarta Pusat). (SIN)