Selasa, 07/04/2015

Ridwan Kamil: “Bandung Akan Bangun Apartemen Rakyat”

-jktproperty.com
Share on: 2522 Views
Ridwan Kamil: “Bandung Akan Bangun Apartemen Rakyat”
Ridwan Kamil

JAKARTA, jktproperty.com – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil selalu punya terobosan kebijakan dalam membangun kota Bandung, termasuk dalam hal menyediakan hunian yang layak bagi warganya. Terobosan baru yang dibuat adalah membangun apartemen yang harganya juga ‘merakyat’. Tak tanggung-tanggung dia merencanakan membangun ‘apartemen rakyat’ di 13 lokasi di Bandung.

”Kami namakan apartemen rakyat  untuk menunjukkan bahwa apartemen yang kita bangun ini terjangkau buat rakyat. Dengan cicilan hanya Rp500.000 per bulan, rakyat kecil sudah bisa tinggal di hunian yang layak huni,” ujar pria kelahiran Bandung, 4 Oktober 1971 ini.

Menurut Kang Emil, begitu dia biasa disapa warganya, pihaknya tengah menyiapkan rencana pembangunan apartemen itu. “Rencananya akan dibangun di 13 lokasi di Bandung. Tiga lokasi yang sudah siap itu, antara lain di Sadang Serang, di Jalan Jakarta dan di Kiaracondong. Selanjutnya di Ranca Cili dan beberapa tempat lainnya,” kata putra dari pasangan Dr. Atje Misbach, S.H (alm.) dan Dra. Tjutju Sukaesih ini bersemangat.

Dia juga menjelaskan, akan membuat peraturan terkait mekanisme yang akan diterapkan untuk pengelolaan apartemen rakyat itu. ”Jadi, kita yang akan mengatur siapa developer-nya, kita bikin peraturan yang ketat bahwa itu bukan buat investasi, sehingga betul-betul untuk warga Bandung. Untuk peraturan, tidak perlu Perda, Perwal saja cukup,” tuturnya.

Penyandang Master of Urban Design dari University of California, Berkeley, US ini mengatakan apartemen rakyat ini diperuntukkan bagi masyarakat kalangan menengah ke bawah, seperti masyarakat yang tinggal di kawasan kumuh. ”Apartemen ini juga bertujuan agar warga miskin di Bandung bisa mendapatkan apartemen murah, daripada mereka bayar kos atau kontrakan, mending nyicil,” katanya. (PIT)