Kamis, 16/08/2012

Residensial Mewah di Jakarta Terunggul di Asia

-jktproperty.com
Share on: 443 Views
Residensial Mewah di Jakarta Terunggul di Asia

JAKARTA: Harga residensial mewah di Hong Kong, Singapura, Shanghai dan Beijing mengalami penurunan hingga 8% dalam kurun waktu setahun ke belakang, sementara harga residensial mewah di Jakarta terus mengalami kenaikan dan bisa dikatakan sementara ini terunggul di Asia.

Riset konsultan properti global Jones Lang LaSalle mengungkapkan harga residensial mewah di Hong Kong, Singapura, Shanghai, dan Beijing mengalami penurunan tahunan sebesar 8%. Sementara di Singapura juga terjadi penurunan namun hanya di level 2,9%. Sementara di Hong Kong terjadi kenaikan harga sangat tipis, yakni 2% selama kuartal I 2012 akibat aktifnya kredit perumahan dan sentimen pasar yang membaik dibandingkan tahun sebelumnya.

Tren penurunan harga properti residensial mewah di kawasan Asia itu disebabkan aksi konsumen yang saat ini menunda pembelian properti residensial mewah akibat tindakan ‘pendinginan’ pasar yang pelaksanaannya dinilai sangat ketat. Pasar residensial mewah di Beijing mengalami penurunan harga secara umum 2,7% dan sebaliknya Shanghai menunjukkan peningkatan rata-rata 0,3% selama kuartal pertama tahun ini.

Menurut Head of Research Jones Lang LaSalle Dr Jane Murray, harga residensial di China diprediksi masih akan sedikit menurun. Hal itu akibat kebijakan pembatasan oleh pemerintah setempat mungkin masih diberlakukan. Selain itu di sejumlah lokasi-lokasi primer sulit menemukan diskon harga karena pasokan yang terbatas.

“Di Singapura kami melihat akan ada koreksi kebijakan pemerintah mengenai aturan sewa dan sentimen investor yang cukup lemah akan mendorong terus merosotnya harga perumahan di Singapura pada semester kedua tahun ini,” katanya. (PIT)