Minggu, 06/04/2014

Qingdao World Horticultural Expo Usung Tema Paviliun

-jktproperty.com
Share on: 780 Views
Qingdao World Horticultural Expo Usung Tema Paviliun
Foto: UNStudio

JAKARTA, jktproperty.com – Setelah lolos seleksi pada 2011 akhirnya UNStudio memenangkan desain untuk Qingdao World Horticultural Expo di Qingdao, China. Mengusung tema pavilion, gedung ekspo ini terasa merekat erat dengan lingkungan pegunungan yang mengitari kota.

World Horticultural Expo 2014 sendiri, kini tengah berlangsung kota Cina Qingdao sejak April lalu dan akan berakhir pada Oktober 2014 mendatang. Pemerintah China memprediksi pameran yang mengangkat tema “Dari bumi untuk bumi” ini akan dikunjungi 15 juta orang dari seluruh penjuru dunia. World Horticultural Expo 2014 bertujuan untuk mendorong pertukaran budaya, teknologi dan pengetahuan hortikultura dari seluruh dunia.

Dalam desainnya, UNStudio menggabungkan pengetahuan ahli logistik, organisasi spasial, tipologi, pemrograman dan fa├žade intelijen dengan memperhitungkan kenyamanan pengguna. Diharapkan gedung ekspo ini bisa terus digunakan di masa-masa mendatang.

“Tema arsitektur yang kami angkat adalah tema paviliun dan berinteraksi dengan pemandangan sekitarnya. Bentuk-bentuk bangunan paviliun seakan berinteraksi dengan pegunungan di dekatnya,” ujar Ben van Berkel dari UNStudio.

Qingdao World Horticultural Expo berdiri di atas lahan seluas 28.000 m2 yang terdiri dari ruang utama ekspo, sebuah gedung pertunjukan besar, pusat konferensi dan media center. Desain gerakan arsitektur paviliun dipinjam dari bentuk China, yakni bunga kota Qingdao, yang diubah menjadi tata letak denah desain bangunannya.

Empat volume paviliun atau ‘kelopak’ yang dihubungkan oleh jalan setapak internal dan eksternal serta bingkai lapangan tengah yang menjadi ‘panggung’ bagi para pengunjung. Selain untuk keperluan ekspo, bangunan ini berfungsi sebagai katalis untuk usaha dan inisiatif di kota Qingdao, sebagai upaya meningkatkan kualitas kota secara keseluruhan. (PIT)