Kamis, 28/06/2012

Properti Bogor dan Depok Moncer, Bekasi Mulai Jenuh

-jktproperty.com
Share on: 667 Views
Properti Bogor dan Depok Moncer, Bekasi Mulai Jenuh

JA

KARTA: Real Estate Indonesia (REI) mengungkapkan pasar properti nasional selama semester I-2012 tumbuh lebih dari 20%, sementara Bogor dan Depok mencatat pertumbuhan paling pesat dan menjadi kawasan yang prospektif untuk dikembangkan dalam beberapa tahun ke depan.

Ketua DPP REI Setyo Maharso mengatakan dibandingkan wilayah Tangerang dan Bekasi, Bogor dan Depok merupakan wilayah yang pertumbuhan propertinya paling pesat. “Wilayah ini bahkan lebih prospektif dibandingkan Tangerang dan Bekasi yang cukup banyak mensuplai proyek-proyek perumahan baru,” katanya.

Setyo menambahkan dia melihat arah perkembangan pertumbuhan perumahan akan mengarah ke Bogor dan Depok, sementara Tangerang masih cukup berkembang. “Khusus untuk Bekasi saya lihat sudah jenuh,” katanya.

Namun dia mengatakan secara umum industri properti masih tumbuh, mengingat masih besarnya backlog perumahan. Rumah-rumah baru terus muncul khususnya di pulau Jawa. “60% pembangunan ada di Jawa. Dari itu, 40% banyak tumbuh di Jabodetabek,” tambahnya.

Lebih lanjut dia mengatakan pengembang tetap berkomitmen menciptakan kawasan baru untuk menopang pertumbuhan ibukota Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Cita-cita menghadirkan 10 kota baru seperti Bintaro dan BSD City menjadi semangat baru REI. 10 kawasan pemukinan baru ini tersebar di provinsi Sumatera Utara, Riau, Palembang, Banten-DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Kalimantan Selatan.

“REI sudah MoU tahun lalu untuk 10 kota baru, ada di Maja (Banten), Semarang, Gresik Selatan, Bajar Baru, Kutai, Jakabaring Palembang, dan Sumatera Utara dekat bandara baru,” tutur Setyo. (BIN)