Kamis, 12/03/2015

Perumnas Tahun ini Targetkan Bangun 33.500 Unit Rusunami

-jktproperty.com
Share on: 1242 Views
Perumnas Tahun ini Targetkan Bangun 33.500 Unit Rusunami
Foto: Ilustrasi
BANGUN RUSUNAMI: Perumnas masih fokus membangun hunian murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah, termasuk rusunami yang harganya mengikuti ketentuan pemerintah.

JAKARTA, jktproperty.com – Perumnas tahun ini menargetkan mampu membangun sebanyak 33.500 unit hunian dalam bentuk rumah susun sederhana milik (rusunami). BUMN perumahan ini juga akan mengelola rumah susun sederhana sewa (rusunawa) dan membangun rumah sederhana tapak subsidi.

Menurut Dirut Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto, Perumnas dulu menjadi andalan untuk menyediakan rumah bagi masyarakat berpenghasilan menengah bawah. Namun dalam perjalanannya dukungan dana dari pemerintah berkurang dan Perumnas justru dituntut mencetak laba sebagaimana BUMN lainnya. “Pemerintahan yang baru sekarang ini meminta Perumnas untuk fokus menyediakan perumahan bagi masyarakat, maka dari itu kami mengajukan dana kepada pemerintah,” katanya di sela rapat koordinasi nasional (Rakornas) Perumnas di Jakarta.

Dia mengatakan Perumnas tahun ini mengajukan dana kepada pemerintah sebesar Rp2 triliun. Namun yang disetujui hanya Rp1 triliun. “Proposal yang kami ajukan Rp2 triliun, tapi yang disetujui pemerintah hanya separuhnya, Rp1 triliun. Untuk itu kita akan upayakan sumber pembiayaan lain, misalnya dengan pemanfaatan aset pemerintah maupun sinergi dengan BUMN lain,” tuturnya.

Lebih lanjut dia mengatakan selama 2014 lalu Perumnas berhasil membangun sebanyak 14.250 unit, membukukan pendapatan mencapai Rp1,338 triliun dengan laba Rp135 miliar. Perumnas tahun ini menargetkan mampu membangun sebanyak 33.500 unit hunian dalam bentuk rumah susun sederhana milik (rusunami). BUMN perumahan ini juga akan mengelola rumah susun sederhana sewa (rusunawa) dan membangun rumah sederhana tapak subsidi.

Sementara itu Direktur Pembiayaan Perumnas Muhammad Nawir mengatakan Perumnas masih fokus membangun hunian murah bagi masyarakat berpenghasilan rendah, termasuk rusunami yang harganya mengikuti ketentuan pemerintah. “Fokus kami adalah membangun rusunami. Saat ini kami bangun di Medan, Makassar dan Bandung. Di Medan Perumnas membangun tujuh menara rusunami di atas lahan seluas 1,8 hektar yang digabungkan dengan bangunan komersial berupa pusat perbelanjaan,” katanya.

Sedangkan di Makassar, lanjut dia, Perumnas akan membangun dua menara rusunami. Di lantai dasar menara ini, disiapkan juga sejumlah ruko sebagai fasilitas penunjang bagi penghuni. Sementara di Bandung, tepatnya kawasan Antapani, Nawir menyebutkan Perumnas akan membangun tiga menara rusunami. “Kami juga berencana membangun rusunami di Karawang,” tandasnya. (EKA)