Sabtu, 19/07/2014

Perumnas Siapkan 8 Proyek Rusunami di Delapan Kota

-jktproperty.com
Share on: 993 Views
Perumnas Siapkan 8 Proyek Rusunami di Delapan Kota
BANGUN RUSUNAMI: Akhir tahun ini Perumnas akan membangun rusunami di empat kota, yakni Bandung, Bekasi, Cengkareng dan Karawang.

JAKARTA, jktproperty.com – Perum Perumnas kini tengah menyiapkan 8 proyek rumah susun sederhana milik (rusunami) yang akan dibangun di delapan kota di Indonesia.

Menurut Direktur Pemasaran Perum Perumnas Muhammad Nawir saat acara HUT Perumnas ke-40 di Hotel Borobudur, Jakarta, kemarin, sebanyak 4 rusunami mulai dibangun akhir tahun ini, masing-masing adalah rusunami di wilayah Antapani, Bandung. Lalu di Pulaugebang, Bekasi, komplek Cengkareng, Banten dan di Karawang, Jawa Barat.

“Ada 8 proyek rusunami yang kami siapkan di delapan kota, empat di antaranya akan kami bangun akhir tahun ini. Di Antapani [Bandung] ada 3 tower, Cengkareng itu kita siapkan 7 tower dan Karawang 3 tower di lahan seluas 3 hektar,” katanya.

Selain di Bandung, Bekasi, Cengkareang dan Karawang, Perumnas juga akan membangun rusunami di Medan, Surabaya, Makassar dan Malang.

Mengenai nilai investasinya, Muhammad Nawir mengatakan cukup beragam, mulai dari Rp200 miliar. “Lagi pula di beberapa lokasi lahannya sudah disiapkan oleh pihak lain.”

Ke depan, kata dia, pembangunan rusunami tetap akan menjadi prioritas perseroan, pebagai pelopor pertama pembangunan hunian masyarakat. “Kita akan terus menyediakan rusunami dan tidak akan melepaskan pembangunan ini,” tambahnya.

Proyek Permukiman

Selain rusunami, Perumnas juga kini tengah mengembangkan proyek permukiman di Medan dan Surabaya untuk kelas menengah dan bawah. Proyek permukiman di Medan, Perumnas bekerja sama dengan PTPN II sebagai penyedia lahan. “Ada 800 hektar yang disiapkan dan akan kami bangun,” tutur Nawir.

Modal awal yang dibutuhkan Perumnas sekitar Rp 300 miliar. Pembiayaan melalui dana kas perseroan yang dianggarkan pada 2014 dan dari perbankan dalam negeri. Targetnya peluncurannya diharapkan selesai pada semester II-2015. Prosesnya sendiri saat ini tengah mengurus perizinan dengan pemerintah daerah setempat.

Sedangkan untuk di Surabaya, berlokasi tepat di Driyorejo yang bersebelahan dengan Citraland. Pemukiman yang berada di atas lahan 400 hektar tersebut investasinya senilai Rp400 miliar. “Pembangunannya kami lakukan secara bertahap dan akan diluncurkan September tahun ini.” (PIT)