Rabu, 20/02/2013

Perumnas Gandeng PT KAI Bangun Apartemen Sewa dan Kondotel

-jktproperty.com
Share on: 637 Views
Perumnas Gandeng PT KAI Bangun Apartemen Sewa dan Kondotel

JAKARTA, jktproperty.com – BUMN perumahan Perumnas tengah mempersiapkan kerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk membangun apartemen sewa di Jakarta. Sementara di Bandung, Perumnas merencanakan membangun hotel dan kondotel yang diintegrasikan dengan area komersial. Semua properti komersial itu akan dibangun di atas lahan milik KAI dengan sewa jangka panjang.

Dirut Perum Perumnas Himawan Arief Sugoto mengatakan di Jakarta pihaknya mengincar lahan milik PT KAI yang berada di Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Sedangkan di Bandung, tanah milik perusahaan kereta api itu berada di kawasan Dago.

Draft kerja samanya seperti apa masih dibahas. Semoga dalam satu sampai dua bulan ke depan bisa ada kesepakatan antara Perumnas dan PT KAI,” katanya.

Dia mengatakan dalam kerja sama tersebut kemungkinan besar PT KAI akan menyewakan lahannya dengan sistem sewa jangka panjang, yakni 30 tahun, dan bisa diperpanjang. “Ada dua wilayah, yakni Tanjung Barat dan satu lagi di Dago, Bandung,” tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskannya lahan yang terletak di Tanjung Barat berada dekat stasiun kereta api. Sementara di Bandung adalah lahan yang kini dipakai untuk rumah dinas karyawan PT KAI. “Di Tanjung Barat rencananya akan kami bangun apartemen sewa dan yang di dago hotel, kondotel dan properti komersial,” tandas Himawan.

Sebelumnya Direktur Komersial PT KAI Sulistyo Wimbo Harjito mengungkapkan lebih dari 50% dari total lahan yang dimiliki PT KAI di wilayah Jawa dan Sumatera belum memiliki sertifikat. Aset tanah perseroan saat ini tercatat mencapai 270 juta m2.. “Dari jumlah itu sekitar 160 juta meter2 lahan belum disertifikasi,” kayanya,

Saat ini, dari total luas lahan milik KAI, hanya sekitar 70 juta meter persegi yang digunakan untuk rel kereta api. (PIT)