Selasa, 18/12/2012

Perumnas Gandeng Hutama Karya Bangun Rusun Rp240 Miliar

-jktproperty.com
Share on: 579 Views
Perumnas Gandeng Hutama Karya Bangun Rusun Rp240 Miliar

JAKARTA: BUMN perumahan Perum Perumnas dan BUMN konstruksi PT Hutama Karya merencanakan membangun tiga menara rumah susun sederhana di Jakarta untuk masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah. Investasi yang dibenamkan sebesar Rp240 miliar diambil dari dana program kemitraan bina lingkungan (PKBL) BUMN. Deputi Bidang Restrukturisasi dan Perencanaan Strategis Kementerian BUMN Pandu Djajanto mengatakan pemanfaatan dana PKBL BUMN ini sangat tepat. “Selain tepat sasaran, memanfaatkan dana PKBL BUMN ini juga tepat guna,” katanya.

Dirut Perumnas Himawan Arief mengatakan ketiga rusun sederhana yang melibatkan Hutama Karya untuk pembangunannya itu akan dibangun di wilayah Jakarta Utara sebanyak dua menara dan di wilayah Jakarta Timur sebanyak satu menara. “Setiap tower diperkirakan terdiri atas 20 lantai dan terdapat 500 unit rusun. Jadi dari ketiga menara ini akan ada sekira 1.500 unit,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan dua menara rusun di Jakarta Utara akan mulai dibangun Desember ini dan dijadwalkan rampung pada 2014. Sementara di Jakarta Timur, tepatnya di kawasan Pondok Kopi, baru akan mulai dibangun pertengahan tahun depan karena masih menunggu izin Pemprov DKI. Pembangunan tiga menara rusun ini sebagai tindak lanjut atas pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang difasilitasi Menteri BUMN Dahlan Iskan belum lama ini.

Mengenai tipe rusun yang akan dibangun, Himawan mengatakan terdiri dari tiga tipe, yakni tipe 21, 30 dan 36. Sebanyak 30% rusun akan disewakan dan 70% lainnya akan dijual dengan harga Rp120 juta-Rp216 juta. (GUN)