Kamis, 06/12/2012

Pertamina Gelontorkan Rp8 Triliun Bangun Pertamina Tower

-jktproperty.com
Share on: 487 Views
Pertamina Gelontorkan Rp8 Triliun Bangun Pertamina Tower

JAKARTA: PT Pertamina (Persero) berencana membangun ikon gedung energi di Indonesia setinggi 400 meter dengan nama Pertamina Tower dengan investasi tak kurang dari Rp8 triliun. Pembangunan gedung ini akan memakan waktu 1,5 tahun.

Dirut PT Pertamina Karen Agustiawan mengatakan Pertamina Tower adalah salah satu dari 8 proyek unggulan Pertamina. “Pertamina Tower akan menjadi Icon Building Energy di Indonesia. Investasi yang kami tanamkan untuk membangun 80 lantai Pertamina Tower ini US$850 juta,” ujarnya usai acara peresmian 8 Proyek Pertamina oleh Presiden SBY.

Dia mengatakan Pertamina Tower yang akan dibangun di kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, selain menjadi ikon, gedung ini merupakan representasif PT Pertamina untuk menuju sebagai perusahaan oil company dengan visi World Class Energy Company dan Asia Energy Champion pada 2025. “Sesuai arahan presiden, pembangunan proyek ini dijadwalkan akan selesai dalam 1,5 tahun.”

Alasan Pertamina membangun gedung baru karena lokasi kantor pusat Pertamina yang tidak jauh dari Stasiun Gambir masuk dalam kawasan ring satu Istana Negara. Alasan lainnya, ring 1 Istana tidak diperkenankan untuk usaha atau bisnis melainkan hanya diperuntukkan untuk bangunan kantor pemerintah atau lembaga negara.

Menurut Wakil Presiden Komunikasi Korporat Pertamina Ali Mundakir, Pertamina membutuhkan gedung baru sebagai kantor pusat. “Kantor pusat yang ada sekarang ini telah dikeluarkan dari aset Pertamina dan menjadi aset negara karena lokasi di ring 1,” tuturnya. (PIT)