Jumat, 30/08/2013

Permintaan Hotel Tinggi Dongkrak Tarif Hotel di Jabodebek

-jktproperty.com
Share on: 422 Views
Permintaan Hotel Tinggi Dongkrak Tarif Hotel di Jabodebek

JAKARTA, jktproperty.com – Musim Iiburan sekolah serta padatnya kegiatan Meeting, Incentive, Conference and Exhibition (MICE) yang dilakukan lembaga pemerintah lalu pergelaran konser musik serta acara-acara pemikahan yang dilakukan di hotel, telah mendorong kenaikan permintaan terhadap hotel di wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) selama kuartal II-2013. Analisa properti yang terangkum dalam Survei Properti Komersial Bank Indonesia kuartal II-2013 yang dipublikasikan belum lama ini mengungkapkan kenaikan tarif hotel di wilayah Jabodebek mencapai rata-rata 1,53% (qtq).

Sepanjang triwulan II-2013 terdapat tambahan pasokan hotel berbintang sejumlah 539 kamar, yang berasal dari beroperasinya All Seasons Hotel; Artotel; The B Fashion; serta Holiday Inn Express Pluit. Dengan penambahan tersebut, maka jumlah kumulatif pasokan kamar hotel di Jabodebek menjadi 27.232 unit, dimana 25,23% merupakan hotel bintang 3; 39,71% bintang 4; dan 35,06 % hotel bintang 5.

Tingkat hunian kamar hotel juga mengalami peningkatan 2,70% (qtq) hingga mencapai 72,44%. Peningkatan tingkat hunian terjadi pada seluruh kelas, terutama pada hotel bintang 4 yaitu sebesar 4,2% (qtq). Musim liburan sekolah, kegiatan MICE yang dilakukan lembaga pemerintah, pagelaran konser musik serta acara-acara pemikahan yang dilakukan di hotel menjadi faktor-faktor yang menyebabkan kenaikan tingkat hunian hotel. (PIT)