Selasa, 05/01/2016

Perbesar Recurring Income HK Realtindo Fokus Bisnis Hospitality

-jktproperty.com
Share on: 3482 Views
Perbesar <em>Recurring Income</em> HK Realtindo Fokus Bisnis <em>Hospitality</em>
Foto: Ilustrasi
FOKUS BISNIS HOSPITALITY: PT HK Realtindo pada 2016 ini merencanakan memperbesar porsi recurring income (pendapatan berulang) dengan menggenjot bisnis hospitality, yakni perhotelan dengan brand HAKA Hotel dan rumah sakit.

JAKARTA, jktproperty.com – PT HK Realtindo pada 2016 ini merencanakan memperbesar porsi recurring income (pendapatan berulang) dengan menggenjot bisnis hospitality, yakni perhotelan dengan brand HAKA Hotel dan rumah sakit.

Dirut PT HK Realtindo Muhammad Fauzan mengatakan segmen rumah pertama dan rumah dengan harga ekonomis memnag menjadi pasar yang besar dan diminati. “Kami akan meluncurkan proyek untuk segmen ini selain memperbanyak proyek untuk menambah porsi recurring income seperti pengembangan dormitory, serviced apartment, jaringan hotel bisnis, dan rumah sakit,” ujarnya di Jakarta, Senin (4/12).

Menurut dia, strategi untuk masuk ke hospitality business disebabkan situasi perekonomian khususnya industri properti masih belum membaik. Kendati demikian situasi ini menjadi timing bagus untuk melakukan akuisisi dan investasi pada proyek-proyek yang punya nilai menarik.

“Salah satunya yang kami lakukan adalah dengan menjalin kemitraan strategis untuk mengembangkan kawasan tertentu sehingga modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar,” tuturnya.

Akhir tahun 2015 HK Realtindo sudah memulai dengan melakukan kerja sama dengan Perum Perindo (Perikanan Indonesia). Keduanya akan mengembangkan proyek Ecotourism Perudangan Muara Gembong di kawasan pesisir utara Pulau Jawa di area seluas 263 hektar. Tahap pertama akan dibangun 10 ha di lokasi tambak sekaligus untuk menjalankan program tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) kedua perusahaan tersebut.

Selain proyek Ecotourism Perudangan, tahun 2016 ini HK Realtindo juga akan memperbanyak HAKA Hotel di beberapa kota selain enam rumah sakit di berbagai daerah. “Dengan strategi yang tepat dan fokus kami sangat optimistis menyongsong tahun 2016 sekaligus persiapan kami untuk go public atau menjadi perusahaan terbuka (Tbk) tahun 2017 mendatang,” kata Fauzan.

HK Realtindo pada Oktober 2015 lalu sudah mulai membangun HAKA Hotel di Semarang. Perusahaan menginvestasikan dana Rp40 miliar untuk membangun fasilitas akomodasi berisi 90 kamar tersebut.

Selain itu HK Realtindo saat ini mengembangkan sembilan proyek properti. Hampir seluruhnya proyek hunian vertikal, yaitu H Tower Rasuna Said, H Residence MT Haryono, The Enviro Jababeka, H Mansion Pejaten, Amethyst Tower dan Sapphire Tower Kemayoran, The Pandu Residence Bogor, Olympic Residence Sentul, serta H Residence Cisadane.

Tahun 2015 lalu HK Realtindo berhasil mengantongi laba bersih Rp 102 miliar pada 2015. Sebuah raihan laba yang signifikan mengingat pada 2010 saat perusahaan ini didirikan modal awalnya Rp5 miliar.

“Sejak didirikan pada 2010 modal awal kami kurang dari Rp5 miliar dan tahun lalu HK Realtindo sukses membukukan laba bersih Rp102 miliar dengan aset sebesar Rp876 miliar dan ekuitas Rp299 miliar,” kata Fauzan.

Untuk mensukseskan bisnis tersebut, HK Realtindo mengutamakan kemitraan strategis dengan perusahaan dan pengembang lainnya. Contohnya, H Residence MT Haryono yang didirikan diatas lahan milik PT. Hutama Karya (Persero). Lalu, Antam Office Park B yang didirikan di atas tanah milik PT. Aneka Tambang (Persero) Tbk. Proyek itu atas kerjasama HK Realtindo dengan Dana Pensiun PT. Aneka Tambang (Persero) Tbk. (PIT)