Senin, 28/01/2013

Penyerapan Tinggi Dongkrak Tarif Sewa Perkantoran Jakarta

-jktproperty.com
Share on: 458 Views
Penyerapan Tinggi Dongkrak Tarif Sewa Perkantoran Jakarta

JAKARTA: Perusahaan riset properti DTZ mengungkapkan selama 2012 tarif sewa perkantoran premium di Jakarta melonjak hingga 36,4% yang didorong oleh tingginya penyerapan atas pasokan yang ada. Rata-rata tarif sewa dasar perkantoran premium pada kuartal IV-2012 mencapai Rp181.100 per m2 per bulan dengan service charge sebesar Rp61.000 per m2 per bulan.

Meskipun pada kuartal terakhir 2012 pertumbuhan tarif sewa melambat menjadi hanya 8,4%, demikian DTZ, namun pertumbuhan double-digit pada tiga kuartal sebelumnya menyebabkan pertumbuhan tarif sewa terhitung tinggi.

Tahun ini DTZ juga memperkirakan akan terjadi kenaikan tarif sewa kantor premium terutama di central business district (CBD) Jakarta. Namun kenaikannya diperkirakan hanya akan berada di level 8%-15% mengingat ada beberapa perkantoran baru yang mulai beroperasi sehingga kemungkinan kenaikan harga yang terlalu tinggi seperti yang terjadi tahun lalu tidak terjadi di tahun ini.

Beberapa proyek perkantoran yang akan masuk pasar pada semester pertama 2013 a.l. TCT Batavia, DBS [email protected] World dan Menara Prima. (PIT)