Selasa, 01/01/2013

Pentingnya Memahami Risiko Investasi Kondotel (Bagian 11)

-jktproperty.com
Share on: 589 Views
Pentingnya Memahami Risiko Investasi Kondotel (Bagian 11)

JAKARTA, jktproperty.com – Setiap investasi tentu ada risikonya. Begitu pula halnya degan investasi di kondotel. Namun, seperti halnya investasi properti, risiko investasi kondotel terbilang kecil dan nyaris bisa dikatakan tanpa risiko selama pasar perhotelan dimana kondotel tersebut dibangun memang punya prospek cerah dan kondotel itu dioperasikan oleh manajemen hotel yang baik. Tapi tetap saja investasi memiliki risiko. Nah, seperti apa risiko investasi kondotel?

Risiko investasi yang mungkin muncul dalam investasi kondotel adalah pendapatan dari operasional hotel tidak sesuai dengan prediksi awal. Hal ini bisa saja lantaran pengelola kondotel yang bersangkutran kurang memahami bagaimana mengelola hotel yang baik sehingga tamu-tamu hotel tidak merasa nyaman dan puas tinggal di kondotel tersebut.

Agar dapat memberi kenyamanan dan kepuasan pengunjung hotel, maka perlu diperhatikan siapa yang menjadi pengelola hotel ini. Akan lebih baik jika pengelola hotel merupakan pengelola yang sudah terbiasa menjalankan bisnis hotel. Dengan demikian, mereka lebih berpengalaman dalam melakukan manajemen hotel, mengurus hotel juga memberikan pelayanan kepada para tamu. Hasilnya, tamu-tamu akan senang dan akan kembali menginap di hotel tersebut.

Faktor pengembang juga perlu diperhatikan. Pengembang atau developer yang membangun kondotel sebaiknya pengembang yang telah terpercaya menyelesaikan bengunan sampai selesai dengan tepat waktu dan sesuai yang dijanjikan. Jangan sampai pengelola menyelesaikan tugasnya dengan lambat atau bahkan tidak menyelesaikan bangunan sehingga bangunan terbelengkalai dan Anda menderita kerugian.

Hal ini perlu diperlukan apabila kondotel yang hendak Anda beli masih dalam tahap pembangunan atau belum dibangun. Sebagai investor Anda juga harus memperhatikan konsep kondotel yang akan dibangun. Sebab konsep bangunan dan lingkungan yang dibangun oleh kondotel juga dapat mempengaruhi ketertarikan orang untuk menginap disamping juga fasilitas-fasilitas yang disediakan di dalam kondotel.

Jika tujuan kondotel diperuntukan pelaku bisnis konsep yang dibuat mungkin akan berbeda jika pasar yang dituju adalah keluarga. Tanyalah terlebih dahulu konsep dan fasilitas-fasilitas yang akan dibangun. Dengan informasi yang lengkap mengenai konsep kondotel, Anda sebagai investor bisa memperkirakan dan menganalisa apakah konsep yang ditawarkan itu menarik bagi orang untuk menginap di kondotel tersebut.

Satu hal lagi yang mesti Anda perhitungkan dalam investasi kondoteal adalah di mana kondotel itu akan dibangun. Dalam investasi properti, lokasi tempat berdirinya properti merupakan sesuatu yang sangat penting. Jika lokasinya strategis, memiliki fasilitas pendukkung yang baik, maka akan membuat harga properti semakin cepat untuk naik. Maka, tinjaulah terlebih dahulu kondotel tersebut. Karena kondotel akan difungsikan seperti hotel, maka akan lebih baik jika lokasi kondotel tersebut berdekatan dengan lokasi bisnis atau tempat wisata, dimana banyak orang yang membutuhkan hotel untuk singgah.

Dengan mempertimbangkan beberapa faktor di atas, niscaya risiko dalam investasi kondotel dapat diminimalisir dan bukan tak mungkin dihilangkan sampai pada titik nol sehingga investasi Anda menjadi sangat menguntungkan. (DHP)