Senin, 04/08/2014

Pengembang Fokus Garap Kondominium Segmen Menengah Bawah

-jktproperty.com
Share on: 481 Views
Pengembang Fokus Garap Kondominium Segmen Menengah Bawah

JAKARTA, jktproperty.com – Paruh kedua 2014 dipastikan akan banyak pengembang yang mulai membangun proyek kondominium. Namun, akibat tingginya permintaan kondominium kelas menengah dan bawah, pengembang masih akan fokus pada kondominium di kelas ini.

Menurut Head of Research & Advisory Cushman & Wakefield Indonesia Arief Rahardjo, kondominium segmen menengah bawah memang punya pasar yang sangat besar. “Karena pasarnya cukup besar, pengembang akan fokus membangun kondominium di segmen ini,” katanya belum lama ini.

Meskipun persaingan di pasar ini kian ketat, demikian Arief, para pengembang optimistis dengan proyek-proyek yang mereka tawarkan ke pasar. Berdasarkan segmentasinya kondominium lower-middle dipatok dengan harga rata-rata Rp10 juta-Rp15 juta per m2. Kondominium segmen middle harganya di kisaran Rp20 juta per m2 dan kondominium upper class harganya Rp30 jutaan per m2. Sedangkan untuk segmentasi paling mahal, kondominium high end, saat ini pasarannya di Jakarta bergerak antara Rp35 juta per m2 hingga Rp40 juta per m2.

Lebih lanjut Arief mengatakan saat ini penyebaran kondominium di Jakarta masih terkonsentrasi di kawasan sekunder, yakni 71,4% . Pasok mendatang juga masih akan menyerbu wilayah sekunder di Jakarta, yakni sekitar 92,3%. (GUN)