Rabu, 01/07/2015

Pemerintah Siapkan Subsidi Bunga untuk Masyarakat Kelas Bawah

-jktproperty.com
Share on: 1282 Views
Pemerintah Siapkan Subsidi Bunga untuk Masyarakat Kelas Bawah
Foto: Ilustrasi
SUBSIDI BUNGA: Pemerintah menganggarkan dana FLPP sebesar Rp9,3 triliun. Skim KPR FLPP itu dikombinasikan dengan subsidi selisih bunga yang akan diberlakukan Juli tahun ini.

JAKARTA, jktproperty.com – Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) mengungkapkan pemerintah terus menambah dana untuk subsidi bunga bagi asyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Menurut Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) Maurin Sitorus, dana subsidi yang diambil melalui fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) ini tujuannya untuk meringankan masyarakat dalam membeli rumah. Dengan subsidi ini konsumen cukup membayar bunga KPR sebesar 5% hingga lunas.

“Pemerintah menganggarkan dana FLPP sebesar Rp9,3 triliun. Skim KPR FLPP itu dikombinasikan dengan subsidi selisih bunga yang akan diberlakukan Juli tahun ini. Kalau suku bunga komersial 12%, maka yang ditanggung pemerintah sebesar 7%. Masyarakat bisa mendapatkan bunga 5%,” katanya.

Sementara itu Ketua Umum Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman (Apersi) Eddy Ganefo yang diminat komentarnya mengatakan, meskipun dana sudah dianggarkan, namun Apersi masih meragukan kesiapan perbankan untuk melaksanakan pembiayaan perumahan melalui skim FLPP tersebut.

“Dengan target sejuta unit per tahun, paling tidak dibutuhkan dana sekitar Rp60 triliun. Pemerintah harus fokus di permasalahan pembiayaaan, kalau kita tidak maraton anggaran FLPP ini bisa habis dan pastinya akan menghambat program perumahan itu sendiri. Makanya kalangan perbankan juga harus fokus di persoalan SSB ini ke depannya,” katanya. (PIT)