Kamis, 23/04/2015

Pemerintah Percepat Pencanangan Program Sejuta Rumah

-jktproperty.com
Share on: 1450 Views
Pemerintah Percepat Pencanangan Program Sejuta Rumah
Foto: Ilustrasi
PROGRAM SEJUTA RUMAH: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumuman akan mempercepat pelaksanaan Pencanangan Program Sejuta Rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Indoesia.

JAKARTA, jktproperty.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumuman akan mempercepat pelaksanaan Pencanangan Program Sejuta Rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah di Indoesia. Semula pemerintah merencanakan 30 April sebagai hari pencanangan pembangunan program sejuta rumah, namun rencana tersebut akan dimajukan sehari menjadi 29 April 2015 dan dipusatkan di Kab. Ungaran, Jawa Tengah.

Plt Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin kepada media mengatakan jumlah rumah yang siap groundbreaking pada 29 April ada sebanyak 103.135 unit. “Ini merupakan bagian dari 331.693 unit rumah pada tahap pertama,” katanya.

Menurut Syarif, kegiatan yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo itu juga dihadiri gubernur dari sembilan provinsi yang lokasinya menjadi tempat pencanangan kegiatan secara serempak di hari yang sama. Selain itu, akan dilakukan dialog melalui video conference dengan para bupati atau walikota yang daerahnya menjadi bagian percontohan program pembangunan sejuta rumah.

“Pelaksanaan kegiatan sengaja dipilih mendekati peringatan Hari Buruh karena pemerintah ingin menunjukkan kepedulian di sektor perumahan khususnya pada masyarakat berpenghasilan rendah seperti para buruh yang banyak bekerja di perusahaan,” ujarnya.

Mengenai dipilihnya Ungaran sebagai lokasi pencanangan program sejuta rumah, dia mengatakan karena di daerah tersebut menjadi salah satu pusat industri di Jateng sehingga para buruh diharapkan dapat memiliki hunian yang layak. Rusunawa yang akan dibangun nantinya juga berdekatan dengan lokasi perusahaan sehingga para buruh selain dekat dengan tempat kerja juga dapat menghemat biaya transportasi.

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan tersebut adalah groundbreaking Rusunawa bagi para buruh sebanyak dua twin block setinggi lima lantai dengan kapasitas 184 unit kamar. Bangunan Rusunawa tersebut terbagi menjadi dua yakni tower pertama rusunawa untuk buruh lajang sebanyak 100 unit kamar ukuran 27 m2. Sedangkan tower yang ke dua untuk buruh yang sudah memiliki keluarga dengan ukuran 36 m2,” katanya. (PIT)