Senin, 04/03/2019

Pemerintah Integrasikan Sistem Perumahan Berbasis Online

-jktproperty.com
Share on: Facebook 168 Views
Pemerintah Integrasikan Sistem Perumahan Berbasis <em>Online<em/>
Foto: Ist
PERUMAHAN BERBASIS ONLINE: Guna mendukung revolusi industri 4.0 di sektor perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal mempermudah masyarakat untuk mengakses berbagai program terkait perumahan di Indonesia dengan merancang integrasi sistem perumahan berbasis online atau daring.

JAKARTA, jktproperty.com – Guna mendukung revolusi industri 4.0 di sektor perumahan, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal mempermudah masyarakat untuk mengakses berbagai program terkait perumahan di Indonesia dengan merancang integrasi sistem perumahan berbasis online atau daring.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengatakan fokus dari sistem perumahan online adalah untuk mendukung sektor penyediaan perumahan khususnya Program Satu Juta Rumah bagi seluruh masyarakat.

“Kementerian PUPR, khususnya Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, siap memasuki era revolusi industry 4.0. Untuk itu, kami telah merancang sistem terintegrasi berbasis online untuk implementasi strategi perumahan di Indonesia,” ujar Khalawi saat membuka kegiatan PUPR 4.0 Expo di Jakarta, Senin (4/3).

Khalawi menjelaskan, sistem terintegasi ini merupakan langkah kolaboratif yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan bidang perumahan mulai dari institusi pemerintahan, asosiasi hingga pelaku industri perumahan hingga unsur akademisi. Selain itu, dengan sistem berbasis daring, diharapkan juga dapat menarik minat para generasi milenial untuk mengakses berbagai program serta kebijakan pemerintah khususnya Program Satu Juta Rumah.

Hal itu juga menjadi salah satu upaya pembinaan penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman adalah melalui Pengembangan Sistem Layanan Informasi dan Komunikasi sesuai dengan yang diamanatkan dalam PP No.88 tahun 2014 tentang Pembinaan Penyelenggaraan Perumahan dan Kawasan Permukiman.

“Lonjakan informasi dan komunikasi di era milenial saat ini sangat cepat dan hal inilah yang dibutuhkan oleh para generasi milenial. Mereka bisa mengakses informasi dari mana saja melalui media online, untuk itu kami harus mempersiapkan hal ini dengan baik,” kata Khalawi. (EKA)