Jumat, 19/09/2014

Pemerintah Daerah Harus Fokus dan Prioritaskan Pembangunan Rusun

-jktproperty.com
Share on: 622 Views
Pemerintah Daerah Harus Fokus dan Prioritaskan Pembangunan Rusun
Foto: apartemen-gading-nias.blogspot.com
BANGUN RUSUN: Kemenpera kembali mengingatkan pemerintah di daerah untuk memprioritaskan pembangunan rumah susun (rusun), teruatama di kota besar yang kepadatan penduduknya cukup tinggi.

JAKARTA, jktproperty.com –┬áSekretaris Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) Rildo Ananda Anwar mengatakan bahwa pemerintah di daerah (pemprov maupun pemkot) harus lebih fokus dan memprioritaskan pembangunan rumah susun (rusun), terutama di kota-kota besar yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi.

“Pembangunan hunian bagi masyarakat di kawasan perkotaan mau tidak mau akan diarahkan ke rumah susun. Oleh karena itu kami berharap pemprov dan pemkot ke depan bisa ikut mendorong serta memprioritaskan pembangunan hunian vertikal untuk masyarakatnya,” katanya.

Menurut dia, tujuan pembangunan rusun selain dapat menghemat pemanfaatan lahan, dan bertujuan supaya masyarakat bisa tinggal lebih dekat di kawasan perkotaan. Dan itu harus dimulai dari sekarang, sebab, kata dia, ke depannya pemerintah di daerah akan semakin sulit menemukan lahan yang cukup luas dengan harga yang terjangkau di kota-kota besar di Indonesia.

“Mungkin untuk wilayah Kalimantan masih ada lahan yang cukup luas untuk perumahan. Tapi kalau wilayah Jakarta, Bandung serta kota besar lainnya tentunya Rusun menjadi pilihan untuk hunian yang terbaik untuk masyarakat,” katanya.

Selain itu, ia juga berharap agar pemerintah di daerah mulai dapat menghitung alokasi anggaran untuk program perumahan di daerahnya masing-masing. Sebab semakin bertambahnya penduduk akan berdampak pada kebutuhan hunian yang cukup besar pula. “Kami juga siap duduk bersama dengan para pengembang untuk ikut mendukung pemerintah daerah membangun hunian vertikal. Namun demikian pemerintah daerah juga harus bisa membantu penyediaan lahan serta perizinan sehingga pembangunan rusun di daerah dapat berjalan dengan baik,” tandasnya. (GUN)