Jumat, 30/08/2013

Pasok Apartemen Sewa di Jabodebek Relatif Stabil

-jktproperty.com
Share on: 401 Views
Pasok Apartemen Sewa di Jabodebek Relatif Stabil

JAKARTA, jktproperty.com – Sepanjang kuartal II-2013 jumlah pasokan apartemen sewa di Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi (Jabodebek) tidak mengalami penambahan atau tetap 12.030 unit. Sebagian proyek apartemen sewa berada di kawasan non-CBD (60,03%), demikian hasil Survei Properti Komersial Bank Indonesia yang dipublikasikan belum lama ini. Relatif stabilnya jumlah pasokan antara lain berkaitan dengan tingkat permintaannya juga yang tidak segencar tingkat permintaan untuk kamar hotel ataupun kondominium sewa. Walaupun demikian, pengembang masih melihat adanya potensi yang baik untuk apartemen sewa.

Untuk tingkat hunian diketahui meningkat sebesar 2,37% (qtq) menjadi 80,41%. Peningkatan tingkat hunian disebabkan pasokan unit apartemen sewa yang stagnan, selain disebabkan oleh penuhnya unit-unit kamar yang telah disewa oleh para komunitas ekspatriat dan para pelancong bisnis/peserta seminar yang datang dalam grup besar untuk menginap dalam hitungan hari (short stay).

Sejalan dengan kondisi tingkat hunian yang mengalami peningkatan, tarif sewa juga ikut terkerek 1,26% (qtq) menjadi Rp160.000/m2/bulan. Sementara itu, sebagai antisipasi kenaikan tarif listrik (TDL) dan upah, beberapa pengelola apartemen sewa sudah memasukan service charge ke dalam tarif sewa bulanan sejak triwulan sebelumnya. Hal ini berdampak pada service charge yang secara rata-rata cenderung stabil di angka Rp21.400,-/m2/bulan. (PIT)