Senin, 06/07/2015

Muhammad Fauzan: “Kami Optimistis Bisa Sejajar dengan Pemain Besar”

-jktproperty.com
Share on: 2286 Views
Muhammad Fauzan:  “Kami Optimistis Bisa Sejajar dengan Pemain Besar”
Foto: Dok. HK Realtindo
Muhammad Fauzan

JAKARTA, jktproperty.com – Usianya baru menginjak lima tahun Mei lalu. Namun soal sepak terjang membangun proyek properti seperti apartemen, kondominium hotel (kondotel), perkantoran dan townhouse, PT Hutama Karya Realtindo [HK Realtindo] tak bisa dipandang sebelah mata. Beberapa proyek telah digarap HK Realtindo a.l. The H Tower di Jl. HR Rasuna Said, Jakarta; The H Residence di Jl. MT Haryono; apartemen Kubika Homy (BSD City); H Mansion di Pejaten, Jakarta Selatan; The Enviro Bekasi; Southern Balikpapan dan Kencana Jimbaran, di Bali. Selain itu, sejak 2014 HK Realtindo juga mengembangkan apartemen strata-title di kawasan Kemayoran di atas lahan seluas 1,8 hektar yang diberi nama H Residence Kemayoran.

Perusahaan ini juga mencatat pertumbuhan laba yang cukup signifikan, dimana tahun ini target yang ditetapkan perusahaan berada di angka Rp150 miliar. Untuk lebih mengembangkan kepak sayapnya di bisnis properti, HK Realtindo berencana melakukan IPO pada 2017 mendatang. Untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai rencana tersebut dan bagaimana HK Realtindo menyiasati persaingan bisnis properti yang semakin sengit dan kini iklimnya sedikit lesu, Deddy H. Pakpahan dari jktproperty.com mewawancarai Muhammad Fauzan, Direktur Utama PT Hutama Karya Realtindo. Berikut petikannya:

Dalam peta bisnis properti di Indonesia, HK Realtindo boleh dibilang pendatang baru. Usianya tahun ini baru menginjak lima tahun. Tapi mengapa di banyak kesempatan Anda tidak mau kalau HK Realtindo disebut masih muda?

Ini tidak lepas dari historis kita. Kita lahir dari induk perusahaan konstruksi karya, Hutama Karya yang sudah berusia 54 tahun. Expertise Hutama Karya adalah bangunan dan gedung. Kompetensi kita memang di bidang ini. Jadi sewaktu banyak pengusaha masuk ke bisnis properti, Hutama Karya masih fokus di bisnis konstruksi sambil tentunya mempertajam expertise kita pada pembangunan gedung. Dengan pengembang properti papan atas lain, sebenarnya start-nya sama, hanya memformalkannya dalam bentuk usaha properti memang baru di dekade terakhir, dimana muncul juga Wika Realty, PP Properti dan Waskita.

Nah, dari pengalaman Hutama Karya yang sangat panjang, makanya kita tidak mau dikatakan pemain baru di bisnis properti. Konsep, alur dan kompetensi kita sudah punya jauh-jauh hari sebelum HK Realtindo dibentuk, formalitasnya saja yang baru. Kami sebenarnya bukan pengembang kemarin sore dan kami optimistis bisa sejajar dengan pemain besar di bisnis properti.

Dan itu terbukti dengan pertumbuhan laba perusahaan yang terus meningkat sepanjang tahun….

Ya. Tahun pertama HK Realtindo mencetak laba Rp20 miliar, tahun kedua Rp30 miliar, tahun ketiga Rp70 miliar dan tahun lalu mencetak laba Rp102 miliar dan tahun ini diharapkan bisa mencapai Rp150 miliar. Growth laba itu didukung factor internal, dimana kita punya kompetensi dan ketajaman bisnis yang sudah kami pelihara sekian lama. Selain itu HK Realtindo muncul ketika iklim binsis properti di Indonesia memang sangat kondusif. Peluang usaha properti di Indonesia saya kira masih sangat besar.

Tapi kalangan pengamat menyatakan 2015 sektor properti memasuki era downturn dan banyak pengembang men-declare bahwa omzet penjualan produk propertinya menurun. Bagaimana dengan HK Realtindo?

Jujur sebenarnya kita juga terkena imbas dari lesunya perekonomian seperti teman-teman pengembang yang lain. Tapi kami sudah mengantisipasinya dengan membuat multicore business yang lain. Core business kami pertajam dengan masuk ke segmen menengah bawah yang menurut kami tidak terlalu terkena imbas. Kami juga mengembangkan properti komersial skala kecil seperti membangun ruko [rumah took], kami buat unit bisnisnya. Jadi kalau toh properti yang kelas middle-up yang terkena dampak, yang middle-low masih bisa eksis dan memberikan kontribusi bagi perusahaan. Namun untuk membangun properti middle-low, kami juga sangat memperhatikan lokasi dan pricing yang tepat. Secara umum penjualan HK Realtindo terimbas 40%-50%.

Artinya target laba bersih Rp150 miliar bisa tidak tercapai?

Kami tetap optimistis akan tercapai, karena kalau sebelumnya kami fokus di high rise building, sekarang lebih ke properti yang middle-low yang pasarnya masih sangat luas. Bottom line-nya kita jaga. Jadi target laba tetap tercapai meski pendapatan terkoreksi. Sepanjang tahun ini kami membidik pendapatan sebesar Rp850 miliar atau meningkat 136,1% dibandingkan perolehan sepanjang tahun lalu sebesar Rp360 miliar. Target pendapatan tersebut diperoleh dari tujuh proyek yang masih on going sepanjang tahun ini. Tujuh proyek properti rumah tapak (landed house) yang digarap HK Realtindo tersebar disejumlah wilayah. Di antaranya, berada di Cikarang, Cawang, Kemayoran, Yogyakarta dan Balikpapan.

H-Tower-Rasuna-Said

H-Tower-Rasuna-Said

 

Menurut rencana tahun ini HK Realtindo akan me-launch beberapa proyek baru. Ada penjadwalan ulang akibat melesunya perekonomian?

Tidak ada. Sesuai RKAP perusahaan tahun ini kami memang akan me-launch 6-8 proyek baru. Satu proyek sudah soft launch di Sentul [Olympic Residence Sentul] akhir Mei lalu dimana kami kerjasama dengan Olympic Group [furniture]. Penjualannya saat ini sudah mencapai 20%. Kemudian dalam proses perizinan ada tiga proyek, mudah-mudahan di kuartal ketiga bisa kami launch. Kemudian 2-4 lagi masih negosiasi final.

Land banking HK Realtindo saat ini ada berapa?

Hingga kuartal II-2015 lahan yang kami miliki ada sekitar 15 hektar. Sampai akhir tahun kami menargetkan land banking kami 40-70 hektar.

Kalau proyek yang on progress?

Ada enam yang sedang berjalan. The H Residence di Kemayoran, lalu The Enviro Apartment di Jababeka, Cikarang, The H Residence MT Haryono, Southern Balikpapan dan H Mansion di Pejaten, Jakarta Selatan.

Untuk proyek di Kemayoran. Ada wacana dimana pemerintah pusat dan Pemprov DKI Jakarta merencanakan kawasan ini menjadi kawasan perumahan rakyat. Apa akan ada imbasnya dengan proyek HK Realtindo?

Imbas pasti ada, tapi secara konsep kan berbeda dengan konsep rusunami atau rusunawa yang diwacanakan Pemprov DKI Jakarta. Di kemayoran kami satu-satunya pengembang yang mendapatkan hak strata-title untuk proyek properti kami.

Ir. Muhammad Fauzan, MM. lahir di Bengkalis, Riau pada 6 April 1973. Dia adalah lulusan FT SP – Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya pada 1998 dan meraih gelar MM – Finance Universitas Riau pada 2009. Kariernya dimulai sebagai coop program di PT Freeport Indonesia di Tembagapura (1998-1999). Hanya setahun dia kemudian dipercaya menjadi Project Manager, PT Hutama Karya (Persero) Wilayah I Sumatra (1999-2009), kemudian menjadi general manager di perusahaan yang sama untuk Wilayah V Makassar (2010-2011) lalu ditempatkan di Jakarta sebagai general manager dan pada 2013-2014 dipercaya menjadi general manager PT Hutama Karya (Persero) Divisi Gedung sebelum akhirnya menjadi Direktur Utama PT Hutama Karya Realtindo.

Pemerintah mencanangkan program pembangunan sejuta rumah. Sebagai pengembang, kontribusi apa yang diberikan HK Realtindo untuk mendukung program pemerintah ini?

Pasti kami mendukung program pemerintah. Kami akan membangun rumah susun di Bekasi dan Serpong. Produk yang ditawarkan tidak melulu ditujukan untuk kelas menegah atas. Sebagai pengembang, HK Realtindo juga menerapkan konsep pembangunan hunian yang berimbang. Maksudnya perusahan ini juga menyediakan varian produk, yang ditujukan untuk kelompok masyarakat berpenghasilan menengah atau masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Lokasi perumahan tersebut rencananya akan dibangun di Kawasan Bekasi dan Serpong. Perumahan yang ditujukan untuk MBR ini merupakan wujud kontribusi HK Realtindo dalam mendukung program pemerintah penyediaan satu juta rumah untuk rakyat. Ada 12 lokasi strategis di beberapa kota yang sudah disiapkan. Lokasi tersebut dulu dimiliki oleh Hutama Karya, di lahan ini rencananya HK Realtindo akan membangun hunian vertikal (rumah susun) yang diperuntukan untuk MBR. Rata-rata di setiap lokasi dapat dibangun 2-3 tower, sehingga totalnya ada sekitar 25 tower atau sebanyak 10.000 unit Rusun yang akan dibangun dalam periode empat tahun ke depan.

Untuk recurring income HK Realtindo berencana membangun hotel di 312 lokasi di Indonesia. Benarkah?

Saya kira itu mesti kita ralat ya. Dalam rangka optimalisasi asset BUMN. Induk usaha kita punya lahan dan eks kantor di hampir setiap provinsi. Kami melihat peluang hotel masih ada. Ini masih terus kita godog dan akan kami optimalisasikan, menunggu timing yang pas.

Southern Balikpapan

Southern Balikpapan

 

Apa yang membedakan produk HK Realtindo dengan produk pengembang lain?

Kami mengusung teknologi, green, dan taste-nya tinggi untuk desain. Lokasi juga kita pilih dekat dengan pusat transportasi, sentra bisnis dan kami buat customer relationship. Teknologi yang kami terapkan up to date, konsep fasilitas dan lokasi. Persaingan memang sangat ketat. Makanya kami memilih lokasi proyek yang baik dengan harga yang sangat bersaing. Di lokasi-lokasi yang premium seperti di Kuningan atau Cawang produk kita masih yang termurah.

Apa komentar Anda mengenai kepemilikan properti oleh asing yang kini didengungkan lagi. Kabarnya pemerintah sudah memberikan green light bahwa asing bisa memiliki properti di Indonesia….

Polemik ini saya kira haris dikembalikkan ke historical data, seberapa besar sih potensi asing. Orang Korea yang bekerja di Indonesia katakanlah 42.000 lalu Jepang sebanyak 30.000. Apakah mereka semua akan membeli properti di Indonesia kalau pemerintah membuka kran regulasi kepemilikan properti oleh asing? Saya kira tidak. Jadi kekhawatiran bahwa properti kita akan dikuasai asing saya kira terlalu berlebihan. Saya setuju kalau kran itu mau dibuka asal dengan regulasi dan batasan-batasan yang jelas, misalnya orang asing tidak boleh membeli tanah dan mereka dibatasi membeli properti seperti apartemen di harga tertentu.

Orang asing yang akan membeli properti di Indonesia untuk tujuan investasi saya kira tidaklah besar. Mereka misalnya, membeli apartemen karena mereka membutuhkan tempat tinggal sebab mereka berbisnis di sini. Tapi kalau yang membeli apartemen untuk investasi, saya kira tidaklah besar.

Enviro Apartment

Enviro Apartment

 

HK Realtindo tengah mempersiapkan diri untuk IPO di 2017. Bisa ceritakan persiapan perusahaan menjelang IPO?

Kami sudah menyusun business roadmap-nya, paling cepat tahun depan atau 2017 kami akan IPO. Tergantung momentumnya mana yang lebih pas. Berdasarkan roadmap yang telah dibuat, pada 2015 ini perusahaan mengalokasikan Capex (capital expenditure) mencapai Rp1 triliun. Dana sebesar itu akan disediakan oleh kas internal sebanyak 50%. Sisanya diharapkan akan didapat dari pasar uang dan pasar modal. Pada 2016 HK Realtindo berencana akan menerbitkan obligasi. Setahun kemudian, kami mencanangkan akan melakukan IPO.

Waktu dua tahun dari sekarang dinilai cukup untuk mempersiapkan HK Realtindo untuk bisa melantai di bursa saham. Perhitungannya saat ini (laporan keuangan 2014) aset perusahaan sebesar Rp851 miliar. Saat IPO nanti diharapkan asset perusahan sudah tumbuh di kisaran Rp3 triliun. Aset sebesar itu merupakan aset yang ideal bagi perusahaan properti yang akan menjadi perusahaan terbuka.

Nah dari IPO itu nantinya perusahaan akan melepas sekitar 35% saham ke publik, dengan harapan dapat mengumpulkan dana masyarakat (investor) antara Rp1,5 triliun hingga Rp2 triliun. Semua upaya yang dilakukan oleh manajemen HK Realtindo sepertinya sudah on the track dalam membawa perusahaan ini menuju IPO di 2017 nanti.  ***