Selasa, 13/11/2012

MNC Group Segera Realisasikan ‘Theme Park’ Sekelas Disneyland

-jktproperty.com
Share on: 1005 Views
MNC Group Segera Realisasikan ‘Theme Park’ Sekelas Disneyland

JAKARTA: MNC Group melalui anak perusahaannya di bidang properti PT MNC Land Tbk [sebelumnya bernama PT Global Land Development Tbk] memastikan akan segera membangun theme park yang terintegrasi dengan hotel dan resort di atas lahan seluas 1.000 hektar di kawasan Lido, Sukabumi, Jawa Barat dengan investasi sekira Rp6 triliun.

Menurut Hary Tanoesoedibjo, bos MNC Group, realisasi pembangunan theme park yang digadang-gadang akan mengalahkan pamor Disneyland dan Universal Studio itu akan dilakukan awal 2013 mendatang. “Theme park di Lido ini akan segera kami bangun dan akan menjadi kebanggaan Indonesia,” katanya.

Mengenai wahana apa saja yang akan dibangun di theme park itu, Hary belum mau merinci. Namun yang jelas, katanya, konsep yang akan mereka kembangkan akan mampu mengalahkan pamor Universal Studio dan Disneyland.

“Sekarang ini banyak keluarga Indonesia yang pergi liburan ke luar negeri. Mereka mengunjungi Disneyland atau Universal Studio. Nah, dengan theme park yang kami bangun ini, nanti mereka tidak perlu harus ke luar negeri. Selain itu, theme park ini juga bisa menjaring wisatawan mancanegara,” tutur Hary.

Investasi yang dibenamkan MNC Group untuk pembangunan theme park di Lido diperkirakan mencapai tak kurang dari Rp6 triliun. Sebelumnya, MNC Group mengakuisisi tanah seluas 1.000 hektar di Lido milik PT Bakrieland Development Tbk yang semula memang akan dikembangkan Grup Bakrie untuk theme park, mengingat perusahaan telah membangun ruas tol Ciawi-Sukabumi sehingga akses menuju Lido menjadi lebih mudah.

Selain di Lido, Bakrieland melalui anak usahanya, PT Bukit Jonggol Asri saat ini tengah membangun Jungleland Adventure Theme Park. Theme Park seluas 40 hektar ini terdiri dari 8 zona tematik yang akan menyediakan lebih dari 43 permainan modern. Pembangunan tahap pertama Jungleland direncanakan selesai pada Desember 2012 dengan empat zona yaitu Carnival, Explora, Mysteria, dan Tropicalia serta Downtown.

Pembelian tanah milik Bakrieland yang akan dipakai MNC Group untuk theme park merupakan langkah awal dari rencana besar MNC Group yang akan mengakuisisi empat ruas jalan tol milik Bakrieland, yakni ruas tol Kanci-Pejagan sepanjang 35 kilometer (km), Pejagan-Pemalang (56 km) dan Pasuruan-Probolinggo (45 km) dan Ciawi-Sukabumi (54 km). Dengan pembelian lahan itu dipastikan Bakrieland tidak jadi membangun theme park di Lido. Bakrieland hingga kini baru membangun dan mengelola The Jungle Water Adventure yang berada di kawasan perumahan Bogor Nirwana Residence, properti residensial andalan Bakrieland yang berlokasi di Bogor. (PIT)