Sabtu, 18/04/2020

Minat Orang Membeli Rumah Lebih Besar Ketimbang Menyewa

-jktproperty.com
Share on: Facebook 173 Views
Minat Orang Membeli Rumah Lebih Besar Ketimbang Menyewa
Foto: Ilustrasi
MINAT MEMBELI RUMAH: Satu riset mengungkapkan minat orang membeli rumah lebih besar ketimbang menyewa rumah. Riset yang dilakukan situs jual beli realestat Lamudi.co.id memperlihatkan pada tiga bulan pertama 2020 atau Januari–Maret ada 51.658 orang yang berniat untuk membeli rumah melalui Lamudi, sementara yang mencari iklan sewa rumah mencapai 35.006 orang.

JAKARTA, jktproperty.com – Satu riset mengungkapkan minat orang membeli rumah lebih besar ketimbang menyewa rumah. Riset yang dilakukan situs jual beli realestat Lamudi.co.id memperlihatkan pada tiga bulan pertama 2020 atau Januari–Maret ada 51.658 orang yang berniat untuk membeli rumah melalui Lamudi, sementara yang mencari iklan sewa rumah mencapai 35.006 orang.

Managing Director Lamudi Mart Polman mengatakan alasan mayoritas orang lebih memilih membeli rumah daripada menyewa lantaran mereka sudah memahami bahwa membeli rumah lebih banyak memberikan keuntungan.

Apalagi saat ini banyak stimulus yang diberikan pemerintah yang dapat mendorong minat seseorang untuk membeli rumah. “Seperti nilai LTV [loan to value] yang semakin rendah ataupun bunga KPR bank yang semakin kecil,” ujarnya belum lama ini.

Lamudi mencatat bahwa daerah yang paling banyak dicari orang untuk membeli rumah adalah kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek), sedangkan untuk hunian sewa berada di kota Yogyakarta, Malang, Medan, Depok dan Tangerang. Lamudi juga mencatat jika mayoritas pencari properti menggunakan perangkat mobile dengan persentase mencapai 79,6 persen, desktop 19,6 persen dan tablet 0,8 persen.

Tidak hanya itu, mayoritas pencari rumah di Lamudi juga banyak didominasi oleh pria dengan persentase sebanyak 53 persen, sedangkan perempuan dengan 47 persen.

Mart juga mengatakan dirinya optimistis bahwa minat pencarian properti di tengah wabah corona jenis baru atau COVID-19 tidak akan surut, mengingat saat ini banyak masyarakat yang melakukan aktivitas bekerja dari rumah sehingga mereka memiliki waktu luang untuk mencari properti melalui gawainya. “Buktinya sepanjang kuartal I/2020 jumlah lalu lintas data kita meningkat sebesar 15 persen jika dibandingkan kuartal IV/2019,” ujar Mart. (PIT)