Selasa, 04/08/2015

Meydan Corporation Bangun Dubai One, Apartemen Tertinggi di Dunia

-jktproperty.com
Share on: 731 Views
Meydan Corporation Bangun Dubai One, Apartemen Tertinggi di Dunia
Artist impression: Dubai One
DUBAI ONE: Satu pengembang di Dubai merencanakan membangun apartemen setinggi 711 meter dengan 161 lantai yang diberi nama Dubai One. Proyek ini akan berada di dalam kompleks Meydan One seluas 367 hektar.

JAKARTA, jktproperty.com – Proyek-proyek properti di Dubai selalu ingin lebih dulu mencapai langit. Kali ini, Meydan City Corporation, pengembang papan atas yang sebelumnya membangun Dubai Meydan City, hotel dan pemilik Dubai Racing Club–stadion ternama untuk pacuan kuda–merencanakan membangun apartemen setinggi 711 meter dengan 161 lantai.

Diberi nama Dubai One, seperti dikutip The National Business dan laman albawaba.com, apartemen ini nantinya memiliki luas bangunan350.000 m2 yang akan terdiri dari 885 unit apartemen plus 350 unit kamar hotel bintang lima. Proyek apartemen Dubai One ini akan berada di dalam proyek Meydan One seluas 3,67 juta m2.

Menurut Saeed Al Tayer, chairman Meydan City Corporation, pihaknya berkomitmen membangun sebuah proyek multifungsi yang melebihi ekspektasi banyak orang. “Meydan One akan menarik banyak orang dari segala penjuru dunia, tidak saja untuk tinggal, kerja tapi juga berwisata. Proyek ini berkonsep jauh ke depan, ini adalah Dubai masa depan,” ujarnya.

Dia mengatakan Dubai One ditargetkan siap huni pada 2020 mendatang, saat Dubai akan berpenduduk sekitar 3,4 jiwa. Dubai One akan dihuni 78.300. Target tersebut menyesuaikan dengan penyelenggaraan World Expo 2020 yang saat itu akan diselenggarakan di sana.

Lebih lanjut Saeed Al Tayer mengatakan Meydan One dirancang lebih dari sekadar tempat tinggal. Dikembangkan sebagai bagian proyek multifungsi (Meydan One). Selain akan dilengkapi dengan beberapa fasilitas ala resor yang bisa jadi hanya satu-satunya di dunia, segala yang dibangun di sini juga akan memecahkan rekor dunia yang menjadi kekhasan pengembang papan atas di Dubai.

Meydan One adalah proyek di atas lahan seluas 367 hektar dimana nantinya di sini aka dibangun gedung kantor (45.000 m2), heritage village (44.000 m2), central park (170.000 m2) dan mal super besar (5,5 juta m2). Penyewa mal-nya peritel internasional serta lebih dari 300 restoran dan kafe. Di sini juga akan ada civic center yang berkapasitas 60.000 orang dan sejumlah fasilitas olahraga indoor untuk tenis, sepakbola, basket, voli, squash, cricket, martial arts, softball, hoki, baseball batting cage, lacrosse dan golf. Bahkan untuk olah raga ekstrim, seperti panjat tebing, skateboarding dan BMX riding sepanjang 5 km, serta jalur jalan kaki sepanjang 9 km. Semua fasilitas olah raga ini berluas total 25.000 m2.

Untuk membuat Meydan One menjadi magnet yang kuat, pengembang juga akan membangun seluncur es (indoor ski slope) setinggi 1,2 km. Ketinggian ini melebih seluncur yang ada di AlpinCenter, Bottrop, Jerman, yang cuma 640 meter. Di bagian kaki area ini akan ada arena berkapasitas 8.000 orang yang bisa digunakan untuk konser dan acara lain. Lalu di ketinggian 655 meter akan dibangun observation deck dengan view 360 derajat. Itu jelas mengalahkan ketinggian observation deck Burj Khalifa, gedung tertinggi di dunia saat ini, yang ada di 555 meter.

Di lantai atasnya lagi, di ketinggian 675 meter, akan ada restoran yang akan memecahkan rekor sebagai restoran paling tinggi sejagat. Di bagian atas ini yang juga bisa membuat orang ternganga adalah atap berukuran 150 × 80 m2  yang bisa dibuka saat cuaca bagus, sehingga tercipta atmosfir alfresco shopping and dining.

Meydan One juga akan dilengkapi air mancur menari dengan kolam sepanjang 420 meter. Ini jauh lebih besar dibandingkan Dubai Fountain dengan panjang kolam 275 meter. Area basah lainnya adalah kanal sepanjang 4 km, pantai sepanjang 300 meter yang menyambung dengan Crystal Lagoon dan dilengkapi dengan 100 tambatan perahu marina. Di bagian ini juga akan ada Meydan One Marina Yacht Club.

Namun hingga berita ini diturunkan, pihak Meydan tidak menyebutkan berapa investasi yang dibenamkan pada proyek gigantis ini. (PIT)