Rabu, 20/08/2014

Metland Akan Kembangkan Cileungsi Jadi Kota Mandiri

-jktproperty.com
Share on: 2066 Views
Metland Akan Kembangkan Cileungsi Jadi Kota Mandiri
Ilustrasi: Metland Cileungsi
MAL METLAND: Mal Metropolitan Cileungsi ini merupakan pemenuhan kebutuhan ruang komersial di kawasan perumahan dan area sekitarnya yang mencakup Kecamatan Cileungsi, Gunung Putri, Limus Nunggal, Narogong, dan catchment area lainnya hingga perbatasan Kabupaten Bekasi.

JAKARTA, jktproperty.com – PT Metropolitan Land Tbk (Metland) akan mengembangkan kawasan Cileungsi, Bogor, menjadi kota mandiri dengan membangun hunian, mal, apartemen dan hotel di sini hingga beberapa tahun ke depan. Cileungsi yang merupakan sebuah kecamatan di Kab. Bogor, Jabar, dinilai pengembang punya prospek cerah untuk dikembangkan karena jaraknya yang hanya 30 menit dari Cawang, Jakarta Timur.

“Pada tahap pertama kami akan membangun mal dan ke depannya akan dikembangkan menjadi sekelas kota mandiri,” ujar Director Corporate Affair & Corporate Secretary Metland Olivia Surodjo saat acara groundbreaking Mall Metropolitan Cileungsi.

Mal seluas 7 hektar terbagi dalam 2 tahap pembangunan, dimana 2 hektar akan dikembangkan pada tahap I, lalu 2,5 hektar tahap II dan sisanya untuk pengembangan mal seperti hotel, apartemen dan perkantoran.

Sementara itu Direktur Utama Metland Nanda Widya mengatakan pihaknya telah menyiapkan lahan komersial di proyeknya seluas 15 hektar untuk dikembangkan menjadi area komersial ruko, mal, hotel, dan apartemen. MM Cileungsi yang menempati lokasi di kawasan komersial Metland Transyogi tersebut dibangun di atas lahan seluas sekitar 25.000 meter persegi dengan total luas bangunan 49.080 m2 dan total area bersih yang dapat disewakan sekitar 25.000 m2.

Lebih lanjut Nanda mengatakan mal yang dibangun Metland menganut konsep city mall yang menggabungkan unsur modern dan natural sehingga konsumen merasa nyaman berbelanja di dalamnya. “Metland berharap daerah ini menjadi daerah CBD baru Cileungsi. Berharap 5-10 tahun yang akan datang ini jadi pusat perbelanjaan di Cileungsi,” tuturnya.

Kecamatan Cileungsi adalah salah satu kecamatan di Wilayah Timur Kabupaten Bogor, yang terbagi menjadi 12 desa. Kecamatan ini adalah salah satu daerah industri di kawasan Jabodetabek. Alasan utama kecamatan ini menjadi daerah industri adalah karena jarak tempuh kecamatan ini dari daerah Cawang Jakarta Timur yang hanya sekitar 30 menit dan kelengkapan fasilitas umum yang dimilikinya.

Kecamatan Cileungsi dapat dicapai melalui Jalan tol Jagorawi keluar dari pintu tol Cibubur lewat jalan alternatif Cibubur-Cileungsi. Jalan ini telah menjadi salah satu daerah utama pengembangan kawasan pemukiman di Jabodetabek. Selain sebagai daerah industri, Kecamatan ini juga memiliki tempat wisata yang cukup dikenal di Jabodetabek, yaitu Taman Wisata Mekarsari. Dengan luas 264 Hektar, Taman Wisata ini merupakan salah satu pusat pelestarian buah-buahan tropika terbesar di dunia. Selain menawarkan wisata alam, Taman ini juga menawarkan paket outbond dan pemancingan di danau yang dimilikinya.

Hingga groundbreaking 130 peritel telah berkomitmen untuk mengisi ruang Mal Metropolitan Cileungsi a.l. TB Gramedia, sinema XXI, Matahari Department Store, The Body Shop, Pojok Busana, J.co, dan Electronic City. Metland mematok tarif sekitar Rp130.000-Rp350.000 per m2 untuk harga sewa dan biaya perawatan (service charge) Rp88.000 per m2. Investasi yang dibenamkan Metland untuk membangun mal ini mencapai tak kurang dari Rp 200 miliar dan ditargetkan akan selesai pembangunannya pada 2015 mendatang. (GUN)