Minggu, 17/07/2016

Maryono: “Perlu Akselerasi Kejar Target Sejuta Rumah”

-jktproperty.com
Share on: 1551 Views
Maryono: “Perlu Akselerasi Kejar Target Sejuta Rumah”
Dok. Suara Karya
Maryono

JAKARTA, jktproperty.com – Program sejuta rumah yang telah dimulai tahun lalu oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemukan ‘sejuta’ masalah. Mulai dari pengadaan lahan, infrastruktur hingga pembiayaan. Namun, persoalan itu bukan tanpa jalan keluar.

Menurut Dirut Bank BTN Maryono, dalam rangka mengejar target satu juta rumah per tahun, PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BTN) terus menggenjot pembangunan properti khususnya rumah murah. “Saat ini backlog atau kebutuhan perumahan di Indonesia sebanyak 14 juta. Oleh karena itu menurutnya perlu akselerasi untuk mengejar target tersebut. Kalau 14 juta artinya butuh 14 tahun untuk memenuhi itu. Itupun kalau tak ada permintaan tambahan. Makanya perlu akselerasi,” katanya pekan lalu.

Lantas akselerasi apa yang dimaksud Maryono? “Kita memerlukan inovasi-inovasi agar dalam setahun tidak hanya satu juta yang dipenuhi tapi bisa lebih. Salah satunya dengan memanfaatkan digital banking untuk memberikan kemudahan bagi nasabah membeli rumah,” katanya

Selain itu developer yang ingin meminjam uang di BTN juga bisa memanfaatkan electronic loan sehingga proses pembiayaan jadi lebih cepat. Dalam rangka akseleasi pula, BTN menargetkan akan melampaui target awal dari program satu juta rumah. Saat ini sebanyak 300.000 unit rumah sudah dibiayai oleh BTN dari target 570.000 tahun ini.

Namun Maryono yakin pada November mendatang jumlah unit yang dibiayai bisa mencapai 600.000. “Kami optimistis bisa terwujud. Karena tren tiap tahun disemester dua justru baru meningkat,” katanya. (EKA)