Senin, 21/10/2013

M. Yusuf Asy’ari: “Anggaran Perumahan Sangat Minim”

-jktproperty.com
Share on: 470 Views
M. Yusuf Asy’ari: “Anggaran Perumahan Sangat Minim”
M. Yusuf Asy’ari

JAKARTA, jktproperty.com – Persoalan kurang pasok (backlog) perumahan di Indonesia disebabkan karena anggaran sektor perumahan yang minim. Hal ini menjadi masalah serius dalam program pemenuhan perumahan di Indonesia.

Hal itu diungkapkan mantan Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) M. Yusuf Asy’ari dalam acara tasyakuran pemberian gelar doktor untuknya dari Universitas Brawijaya, di Restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta.

“Pada tahun ini saja, anggaran Kemenpera hanya 0,75% dari APBN. Ini jauh di bawah usulan Menpera pada 2007 lalu. REI [Real Estate Indonesia] malah pernah mengusulkan anggaran perumahan 5% dari APBN,” katanya.

Menurut Yusuf, anggaran untuk program perumahan rakyat seharusnya tidak sekecil itu karena dampaknya berpengaruh pada jumlah rumah yang dibangun dan kualitas rumah. Menurutnya, hunian layak merupakan hak bagi semua orang termasuk masyarakat miskin.”Bahkan jumlahnya lebih kecil dibandingkan biaya perjalanan dinas PNS,” ujarnya.

Anggaran perjalanan dinas PNS pada 2014 misalnya mencapai Rp32 triliun atau naik 33% dari tahun ini yang hanya Rp 24 triliun.Sementara anggaran perumahan hanya Rp4,56 triliun. (EKA)