Rabu, 24/09/2014

London Ambil Alih Posisi Hong Kong Jadi Kota Termahal di Dunia

-jktproperty.com
Share on: 894 Views
London Ambil Alih Posisi Hong Kong Jadi Kota Termahal di Dunia
Foto: http://i.telegraph.co.uk
LONDON KOTA TERMAHAL: Berdasarkan riset Live/Work Index yang dilakukan Savills, per Juni 2014, perusahaan internasional yang menempatkan seorang karyawannya di London harus menyiapkan sedikitnya US$120.568 atau sekira Rp1,443 miliar per tahun untuk biaya hidup di kota ini.

JAKARTA, jktproperty.com – Riset konsultan properti global Savills terbaru mengungkapkan posisi Hong Kong sebagai kota termahal di dunia dalam lima tahun terakhir ini diambil alih oleh London.

Berdasarkan riset Live/Work Index yang dilakukan Savills, per Juni 2014, perusahaan internasional yang menempatkan seorang karyawannya di London harus menyiapkan sedikitnya US$120.568 atau sekira Rp1,443 miliar per tahun untuk biaya hidup di kota ini. Sedangkan di Hong Kong, demikian Savills, biaya hidup per karyawan per tahun US$115,717.

Sebelumnya Hong Kong selama lima tahun berturut-turut menempati urutan pertama sebagai kota dengan biaya hidup termahal bagi seorang karyawan. Sedangkan pada 2008 lalu, London berada di urutan kelima. Riset Savills tersebut membandingkan kombinasi tarif sewa residensial dan ruang perkantoran 12 kota di dunia yang mengalami fluktuasi.

“Fluktuasi tersebut mencerminkan kematangan pasar residensial dan perkantoran di masing-masing kota. Meski demikian, tingkat nilai tukar mata uang ikut memengaruhi besaran tarif yang berlaku,” demikian penjelasan Savills.

Sementara itu berdasarkan indeks yang dibuat Savills, New York, Paris, dan Tokyo melengkapi daftar lima besar kota dunia dengan biaya hidup termahal. Posisi keenam, ketujuh, dan kedelapan ditempati Singapura, Moskow, dan Sydney. Selanjutnya, posisi empat terbawah dilengkapi oleh Dubai, Shanghai, Rio de Janeiro, dan Mumbai.

Lebih lanjut Savills mengungkapkan sejak 2008 lalu tarif sewa residensial dan perkantoran di London mengalami kenaikan sebesar 39%. Hal yang menarik, kenaikan itu rupanya masih lebih rendah dibandingkan pertumbuhan yang terjadi di Rio de Janeiro sebesar 86% dalam lima tahun terakhir.

Akhir 2013 lalu Jones Lang LaSalle juga menempatkan St. James’s di London sebagai lokasi perkantoran termahal di dunia dengan tarif US$194 per sq. ft per tahun. St. James’s merupakan lokasi kantor bagi perusahaan hedge dan sovereign wealth funds berskala dunia, dan juga niche wealth and investment managers, ST James’s mencerminkan kawasan West End sebagai kawasan dengan tingkat aksesibilitas yang tak tertandingi, dengan fasilitas mewah dan lokasi yang mudah terjangkau.

Sedangkan Central Hong Kong, demikian JLL, menempati urutan kedua dengan tarif sewa rata-rata US$162 per sq. ft per tahun. Dilengkapi dengan hotel dan retail kelas atas, jaringan transportasi yang sangat baik dan terkoneksi, Central adalah lokasi terbaik untuk komunitas perbankan di Hong Kong. (GUN)

tabel_kota_termahal