Sabtu, 30/05/2015

Konsep Transit Oriented Development Cocok untuk Bintaro Jaya

-jktproperty.com
Share on: 1536 Views
Konsep <em>Transit Oriented Development</em> Cocok untuk Bintaro Jaya
Foto: Ilustrasi
BERBASIS TRASPORTASI MASSAL: Adanya halte terpadu antara bus feeder Trans Bintaro Jaya, Stasiun Jurangmangu, dan Bus Intrans Bintaro Jaya, ditambah dengan terhubungnya jalur khusus pejalan kaki dan sepeda yang terpisah dengan jalur kendaraan pribadi membuat warga Bintaro Jaya dapat melakukan aktifitasnya dengan nyaman dan aman.

JAKARTA, jktproperty.com – PT Jaya Real Property Tbk., pengembang kawasan Bintaro Jaya, mengungkapkan pengembangan kawasan akan berorientasi pada konsep transit oriented development (TOD), sebuah pengembangan kawasan permukiman berbasis pada transportasi massal.

Menurut Wakil DirekturUtama PT Jaya Real Property Tbk. Yohanes Henky Wijaya, pihaknya memang gigih membangun kawasan hunian dengan akses transportasi massal yang baik. “Hasilnya, warga Bintaro Jaya kini bisa dengan mudah memilih moda transportasi massal. Mereka bisa memilih kereta commuterline atau feeder bus,” ujarnya saat perayaan HUT Bintaro Jaya ke-36 hari ini.

Dia mengatakan dengan commuter line, warga Bintaro Jaya hanya membutuhkan waktu 25-30 menit untuk mencapai pusat kota Jakarta (Jl Jend. Sudirman). Bandingkan dengan kendaraan pribadi, butuh 1,5-2 jam. DI Bintaro Jaya sendiri tersedia tiga akses stasiun, yaitu Pondok Ranji, Jurangmangu dan Sudimara. “Commuterline telah menjadi idola mayoritas warga Bintaro Jaya karena, selain cepat, harga tiketnya pun sangat jauh terjangkau dibandingkan biaya bensin untuk kendaraan pribadi setiap bulan,” katanya.

Selain kereta, Bintaro Jaya juga menyediakan moda transportasi dengan format bus Trans Bintaro Jaya untuk mencapai pusat kota Jakarta. Trans Bintaro Jaya merupakan bus feeder untuk Transjakarta sehingga langsung terkoneksi dengan halte Transjakarta. Untuk memudahkan warga dari rumah ke halte bus Trans Bintaro Jaya atau stasiun kereta Jurangmangu, Bintaro Jaya juga menyediakan transportasi internal Intrans Bintaro Jaya. “Pengembangan kawasan ini memang berorientasi pada konsep transit oriented development (TOD),” tandasnya.

Dengan TOD, kata dia, pihak pengembang mengharapkan warga yang tinggal di Bintaro Jaya tidak lagi bergantung pada kendaraan pribadi, baik di dalam hunian maupun bepergian ke pusat kota. “Seluruh fasilitas transportasi itu memang disediakan untuk mendukung aktivitas warga sehari-hari. TOD memang cocok untuk diterapkan di kawasan Bintaro Jaya.” (PIT)