Rabu, 25/05/2011

Kepercayaan Konsumen Dongkrak Penjualan Kondo Mewah

-jktproperty.com
Share on: 594 Views
Kepercayaan Konsumen Dongkrak Penjualan Kondo Mewah

JAKARTA: Selama triwulan pertama 2011 kondominium segmen menengah-atas mencatat penjualan pre-sale tertinggi di Jakarta. Selesainya beberapa proyek kondominium menambah keyakinan para pembeli pada komitmen pengembang. Semua proyek yang baru selesai pada kuartal ini memiliki tingkat penjualan yang baik, lebih dari 90% diakui sudah terserap pasar.

Riset Cushman & Wakefield Indonesia mengungkapkan tingkat penjualan kondominium kelas menengah atas selama triwulan pertama 2011 mencapai 62%. Segmen ini dipastikan akan mendominasi pasokan mendatang di area CBD Jakarta dan mencatat tingkat penjualan yang baik karena lokasinya yang sangat strategis.

Tingkat penjualan pre-sales pada kelas menengah dan atas masing-masing tercatat sebesar 61,5% dan 52,3%. Selain karena faktor lokasi yang strategis, menurut Arief Rahardjo, Head of Research & Advisory Cushman & Wakefield Indonesia, tingginya tingkat penjualan juga didorong oleh meningkatnya kepercayaan pembeli terhadap komitmen pengembang.

“Selesainya beberapa proyek kondominium baru menambah keyakinan para pembeli pada komitmen pengembang untuk menyelesaikan pembangunan kondominiumnya. Semua proyek baru yang selesai pada kuartal I-2011 memiliki tingkat penjualan yang baik, yakni lebih dari 90% diserap pasar,” ujarnya.

Tak hanya itu, proyek-proyek kondo baru pada pengembangan yang sama juga mencatat tingkat penjualan yang baik pada awal peluncuran. Arief mencontohkan Pakubuwono Signature yang merupakan proyek pengembangan dari kondominium Pakubuwono Residence. “Tingkat penjualan kondo segmen atas ini mencapai 60%,” tambahnya.

Sementara untuk kondo di area sekunder, Cushman & Wakefield melihat pasok mendatang akan didominasi kondominium kelas menengah. Kuartal I-2011 terlihat adanya kenaikan penjualan pada proyek-proyek kondominium dalam kompleks perumahan yang memiliki kedekatan lokasi dengan pusat aktivitas seperti pusat perbelanjaan, pusat pendidikan dan lingkungan kerja, seperti Paramount Residence di perumahan Paramount Serpong dan Silkwood Residence di perumahan Alam Sutera. Keduanya berada di Tangerang, Provinsi Banten.

“Pembeli proyek kondominium ini didominasi oleh investor dengan harapan dapat menyewakan kembali unit yang dibeli kepada penyewa potensial sehubungan dengan lokasi proyek yang berada pada pusat aktivitas seperti pusat pendidikan, lingkungan kerja dan kawasan komersial,” kata Arief. (LEO)