Rabu, 06/05/2015

Kementerian PUPR Sosialisasikan Permen Bangunan Hijau

-jktproperty.com
Share on: 2492 Views
Kementerian PUPR Sosialisasikan Permen Bangunan Hijau
Foto: Ilustrasi.
PERMEN GEDUNG HIJAU: Terbitnya Permen PUPR tentang Bangunan Gedung Hijau, pengaturan pada sektor bangunan gedung akan menjadi lebih jelas.

JAKARTA, jktproperty.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyosialisasikan Peraturan Menteri PUPR No.02/PRT/M/2015 tentang Bangunan Gedung Hijau. Sosialisasi ini dilakukan guna mendukung aksi pengurangan emisi gas rumah kaca (GRK) yang disebabkan oleh pengelolaan bangunan gedung.

Direktur Jenderal Cipta Karya Imam S Ernawi mengatakan dengan terbitnya Permen PUPR tentang Bangunan Gedung Hijau, pengaturan pada sektor bangunan gedung akan menjadi lebih jelas.

“Selain tuntutan mitigasi akibat dampak perubahan iklim, peraturan menteri ini secara konsisten berupaya mewujudkan bangunan gedung berkelanjutan sesuai dengan Undang Undang No.28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung,” kata di Jakarta hari ini.

Diharapkan dijaring kerjasama dengan mitra strategis pemerintah di mana Kementerian PUPR menjadi leading sector pembinaan bangunan gedung dengan melibatkan penyedia jasa/lembaga penilaian bangunan gedung hijau seperti Pusat Pengembangan Permukiman Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian PUPR dan Green Building Council Indonesia (GBCI).

Dia mengatakan bangunan gedung, diperkirakan telah mengonsumsi lebih dari sepertiga sumber daya yang ada di dunia, 12% dari sepertiga sumber daya yang mana ada di dunia 12% dari total air bersih yang ada, dan menyumbang hampir 40% dari total emisi.

Dalam permen tersebut, bangunan gedung hijau adalah bangunan gedung yang memenuhi persyaratan bangunan gedung dan memiliki kinerja terukur secara signifikan dalam penghematan energi, air,dan sumber daya lainnya melalui penerapan prinsip bangunan gedung hijau sesuai dengan fungsi dan klasifikasi dalam setiap tambahan.¬†“Implementasi aturan ini membutuhkan peran aktif berbagai pihak agar dapat terselenggara dengan tertib,” katanya. (GUN)