Kamis, 29/03/2012

Kemenpera Ajak Pengusaha HK Bangun Rusun

-jktproperty.com
Share on: 464 Views
Kemenpera Ajak Pengusaha HK Bangun Rusun

JAKARTA: Kementerian Perumahan rakyat (Kemenpera) mengajak pengusaha Hong Kong yang tergabung dalam Hong Kong Infrastructure Development And Real Estate membangun rumah susun di Indonesia. Selain membangun rusun, diminta memberikan masukan soal desain pembangunan kota baru di Indonesia.

Menpera Djan Faridz mengatakanpara pengusaha Hong Kong itu diharapkan bisa meningkatkan investasi di sektor perumahan di Indonesia. “Mereka memiliki banyak pengalaman dalam pembangunan serta penataan hunian secara vertikal. Oleh karena itu, saya mengajak mereka untuk ikut berinvestasi dalam pembangunan rumah susun serta kota-kota baru di Indonesia,” katanya.

Dia mengatakan pembangunan rusun di perkotaan perlu ditingkatkan. Sebab, jika masyarakat banyak yang tinggal di hunian vertikal tersebut, secara tidak langsung akan mengurangi mobilitas masyarakat sehingga mengurangi kemacetan lalu lintas di jalan raya, khususnya di kota-kota besar di Indonesia.

Sementara pengembangan kota-kota baru seperti Kota Maja, demikian Menpera, akan terus dilakukan supaya kegiatan perekonomian serta kawasan permukiman tidak hanya terfokus di Ibukota Jakarta. Saat ini, setidaknya Indonesia juga telah mendapatkan bantuan pinjaman lunak dari Jepang untuk pembuatan desain kota dan infrastruktur di Kota Maja.

“Kota-kota seperti Medan, Surabaya dan Bandung sudah terlalu padat untuk perumahan masyarakat. Untuk Jakarta, kami tengah berupaya agar tanah di Kemayoran yang luasnya sekitar 300 hektar bisa dimanfaatkan untuk pembangunan rusun untuk masyarakat berpenghasilan rendah,” katanya.

Dengan akan dibangunnya rusun di Kemayoran, menteri memperkirakan akan dapat menampung 500.000 orang, mereka adalah masyarakat yang belum memiliki rumah yang layak huni. (JR)