Selasa, 03/06/2014

Kadin: Program CSR Baru Sebatas Pencitraan‏

-jktproperty.com
Share on: 1145 Views
Kadin: Program CSR Baru Sebatas Pencitraan‏

JAKARTA, jktproperty.com – Kamar Dagang Indonesia (Kadin) menilai hingga kini program corporate social responsibility (CSR) masih belum maksimal penerapannya dan baru sebatas pencitraan perusahaan. Padahal, kata dia, dana CSR bisa memberikan berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi nasional.

“CSR masih menjadi program pencitraan perusahaan, belum memberikan kontribusi maksimal bagi pembangunan ekonomi nasional,” ujar Ketua Kadin Suryo B Sulistyo pada Rapat Kerja Nasional Kadin Bidang CSR di Jakarta.

Menurut dia, CSR hanya sekadar kegiatan public relations. “Tidak hanya sektor swasta yang belum maksimal dalam penerapan CSR, BUMN dan perusahaan asing juga dinilai tidak maksimal memberikan CSR. BUMN hanya sekadar memenuhi regulasi saja. Perusahaan asing pun sama, hanya mengikuti instruksi dari induk usahanya,” katanya.

Padahal, demikian Suryo, CSR yang dikelola secara efektif bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan pertumbuhan ekomomi. Dia lantas mencontohkan, CSR tersebut dapat meningkatkan jumlah wirausaha baru di Indonesia. “Jumlah wirausaha Indonesia sedikitnya 2% atau 4,8 juta dari total jumlah penduduk. Tapi yang sekarang hanya 0,24% atau 500 ribuan orang,” kata Suryo.

Lebih lanjut dia mengatakan dana yang dapat dihimpun dari CSR sangat besar, namun pemanfaatannya belum terarah. “Dari 59 perusahaan yang disurvei, keuntungan perusahaan tersebut bisa mencapai Rp1,584 triliun. Kalau disisihkan 3% saja dari keuntungan, maka akan terkumpul Rp 5 triliun. Sayangnya pemanfaatannya belum terarah,” imbuh Suryo. (LEO)