Kamis, 19/07/2012

Jakarta Akan Punya 250 Gedung Pencakar Langit

-jktproperty.com
Share on: 427 Views
Jakarta Akan Punya 250 Gedung Pencakar Langit

JAKARTA: Pada 2020 mendatang Jakarta diprediksi akan memiliki 250 gedung pencakar langit (skyscrapers) dan akan mampu bersaing dengan kota-kota besar di dunia. Pembangunan gedung pencakar langit di Jakarta merupakan solusi terbatasnya lahan dan tingginya harga tanag untuk perkantoran.

Menurut Associate Director Research Jones Lang LaSalee Indonesia Anton Sitorus pada 2020 mendatang di Jakarta akan ada 250 gedung pencakar langit yang bisa menyaingi kota-kota seperti Hong Kong, Dubai dan bahkan New York.

 

“Tren pembangunan gedung perkantoran di Jakarta memang mengarah ke sana. Pada 2009 gedung pencakar langit yang ada di Jakarta baru 40 gedung dan tahun ini akan mencapai 75 gedung. Baru pada 2020 atau delapan tahun dari sekarang jumlahnya akan mencapai 250 gedung,” katanya.

Dia mengatakan dari jumlah gedung pencakar langit yang ada saat ini, sebagian besar didominasi gedung perkantoran grade A, sementara sisanya grade B sebanyak 20%.

Hingga saat ini Hong Kong masih memimpin dalam hal jumlah gedung pencakar langit, yakni sebanyak 300 gedung disusul Dubai sebanyak 150 gedung dan New York 250 gedung. Sementara Residential Project Marketing Group Head Jones Lang LaSalle Luke Rowe menambahkan, perkembangan gedung pencakar langit menjadi hal yang lumrah di Jakarta. “Kota akan terus berevolusi menjadi kota megapolitan seperti kota besar lainnya dengan gedung pencakar langit yang mewarnai skyline,” ucap Luke. (LEO)