Jumat, 18/11/2016

Iwan Sunito: “Pengusaha Indonesia Bisa Unggul di Pasar Global”

-jktproperty.com
Share on: 454 Views
Iwan Sunito: “Pengusaha Indonesia Bisa Unggul di Pasar Global”
Foto: jktproperty.com
Iwan Sunito

JAKARTA, jktproperty.com – Anggapan yang mengatakan bahwa pengusaha orang Indonesia ‘jago kandang’ rasanya perlu segera ditanggalkan. Pasalnya, nama pengusaha orang Indonesia asli yang berhasil di mancanegara mulai bermunculan. Tak terlalu banyak memang, namun beberapa di antaranya memiliki prestasi luar biasa. Salah satunya adalah Iwan Sunito, pengusaha properti asal Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, yang sukses berbisnis properti di negeri orang dan didaulat sebagai “Raja Properti Australia”.

Bagi bos Crown Group–perusahaan properti berbasis di Sydney, Australia–ini, pengusaha Indonesia ternyata tak hanya bisa bermain di pasar global. “Tak hanya bermain. Kita, orang Indonesia, pengusaha Indonesia, juga bisa unggul di pasar global,” ujarya saat launching buku  Iwan Sunito berjudul Without Borders: Perjalanan Hidup Anak Hutan Kalimantan Menjadi Raja Properti Australia di Jakarta, Jumat (18/11).

Menurut Iwan, sebenarnya dia enggan kehidupan pribadinya diketahui orang banyak. “I don’t like to be known by people. Saya kira itu private life, hanya untuk diketahui keluarga saya dan anak-anak. Tapi karena didesak bahwa buku ini didedikasikan untuk bangsa Indonesia, untuk memajukan bangsa ini, maka saya mau kisah hidup saya dikemas dalam buku biografi ini,” tuturnya.

Di dalam buku yang diterbitkan Gramedia Pustaka Utama itu, Iwan diceritakan sebagai sosok anak manusia yang lahir di Surabaya dan menghabiskan masa kecil di Pulau Borneo. Dia melanjutkan studi SMP dan SMA di Surabaya hingga akhirnya ke Australia untuk mendapatkan gelar Bachelor of Architecture hingga Honours and Masters of Construction Management dari UNSW.

Pada tahun 1994, pria yang murah senyum ini memulai membangun perusahaan arsiteknya dan akhirnya bermitra dengan Paul Sathio mendirikan Crown International Holdings Group pada tahun 1996. Perusahaannya itu berkembang pesat dari hanya dengan nilai proyek sebesar Rp280 miliar menjadi Rp35 triliun pada saat ini atau dalam kurun 18 tahun.

Di tangannya Crown Group telah meluncurkan dua proyek properti yang ikonik di Australia pada 2013 yakni Skye by Crown di Sydney Utara dan Viva by Crown (tahap akhir dari Top Ryde City Living). Tak heran bila program TV terpopuler di Australia bertajuk “Financial Review Sunday” menjuluki Crown Group sebagai salah satu perusahaan properti swasta terbesar di Australia. Iwan Sunito merupakan orang Indonesia pertama yang mendapatkan penghargaan Ernest and Young Entrepreneur of The Year 2013 di Australia. Dia juga menerima Diaspora Award.

Bagi Iwan yang lahir di Surabaya, 29 Juli 1966, darah yang mengalir deras di tubuhnya adalah darah Indonesia. Meski bisnisnya dia bangun di luar negeri dan sudah teruji di pasar global, Iwan tetap memiliki kerinduan berusaha di Indonesia. Orang Pangkalan Bun punya pepatah, “siapa pun yang minum dari Sungai Arut, pasti akan kembali ke Pangkalan Bun.” Tak heran bila Iwan selalu ingin kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi.

Tahun depan Crown Group mulai melakukan ekspansinya di Indonesia dengan membangun beberapa proyek properti prestisius. Banyak yang meramalkan raksasa properti Australia itu juga akan merajai sektor properti di Tanah Air. “Tahun depan kami sudah pastikan untuk melakukan ekspansi usaha di Indonesia, negeri tempat saya dilahirkan,” tuturnya. (dhp)