Selasa, 17/04/2012

Iwan Sunito: Orang Beli Properti Bukan Semata Harga

-jktproperty.com
Share on: Facebook 574 Views
Iwan Sunito: Orang Beli Properti Bukan Semata Harga

JAKARTA: Bagi Iwan Sunito, CEO Crown International Holdings—pengembang properti papan atas di Sydney, Australia—fokus pada segmentasi pasar properti sangatlah penting. Itulah yang membuat orang asli Indonesia yang sukses mengembangkan bisnis properti di Negeri Kangguru ini masih belum mau masuk ke pasar properti di Indonesia. Sebenarnya, seperti diakui dirinya, Iwan merasa terpanggil untuk juga mengembangkan properti di Indonesia. Hanya saja, niatan itu belum kesampaian mengingat hingga kini proyek yang ditawarkan mitra lokal dianggap masih terlalu kecil skalanya, yakni di bawah Rp1 triliun.

“Kami akan masuk ke pasar Indonesia. tapi sekarang ini masih lihat-lihat dulu. Mungkin kami akan masuk sebagai investor dan pengembang lokal yang mengembangkan proyeknya,” katanya. Segmen pasar properti Crown Group adalah menengah atas. Segmen ini sengaja dipilih terkait branding yang dibangunnya sejak awal.

“Kenapa kami fokus pada properti yang high end, karena orang membeli properti bukan selalu karena harga. Tapi branding, image,” tutur lelaki kelahiran Surabaya yang besar di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah ini.

Kedatangan Iwan ke Jakarta terkait dengan rencana Crown International Holdings yang tengah memasarkan proyek properti senilai Rp7 triliun selama tahun ini, dimana dia juga membidik konsumen asal Indonesia. Beberapa proyek properti itu antara lain Top Ride City dan V by Crown Parramatta.

Akhir tahun lalu, Crown International Holdings mengungkapkan ketertarikkannya membangun superblok di Jakarta dan tengah mencari mitra strategis. Menurut Iwan, Jakarta dipilih dengan pertimbangan nilai inves­tasi yang tidak besar. Dalam setiap pengembangan properti, Crown grup berusaha fokus pada bangunan tinggi dengan segmen me­nengah ke atas. “Lebih baik bekerja sama dengan mitra yang mengerti. Kita ingin superblok di kota Jakarta,” katanya saat itu. (SIN)