Jumat, 30/11/2007

Investasi REIG, Sangat Minim Risiko

-jktproperty.com
Share on: 515 Views
Investasi REIG, Sangat Minim Risiko

JAKARTA: REDEV Properties—perusahaan yang telah berpengalaman lebih dari 25 tahun dalam me-manage proyek properti di Amerika Utara—menawarkan alternatif investasi dalam bentuk Real Estate Income and Gain (REIG) di Kanada. Hanya dengan Rp200 juta untuk per satuan investasi, Anda sudah bisa berinvestasi di proyek properti komersial skala besar yang tengah berjalan dengan income yang relatif stabil di Kanada.

Di Indonesia investasi properti dalam bentuk REIG memang belum populer. Tapi di banyak negara, REIG telah menjadi alternatif pilihan investasi properti yang banyak diminati. REDEV selaku pengelola REIG membeli proyek properti komersial skala besar yang telah beroperasi, tentunya dengan tenant yang bonafid dan dikelola oleh property management yang cukup punya nama di Kanada.

 

Prospek properti komersial—sebagian besar shopping center—itulah yang ditawarkan REDEV kepada shopisticated property investor dalam bentuk satuan investasi [di Indonesia besaran satuan investasi sekitar Rp200 juta]. Properti komersial yang telah dibeli dioperasikan dan investor memperoleh keuntungan dari hasil sewa.

Dalam jangka waktu 3-5 tahun, REDEV akan menjual properti komersial tersebut dengan harga yang tentunya jauh lebih tinggi dibandingkan harga belinya. Artinya, selain mendapatkan keuntungan dari sewa, investor juga memperoleh capital gain yang cukup menggiurkan, yakni antara 15%-20%. REDEV berani menjamin bahwa rata-rata ROI yang diperoleh investor REIG mencapai lebih dari 25% per tahun. Alternatif investasi yang perlu dipertimbangkan tentunya.

Lantas apa keuntungan REIG? Pertama, properti komersial yang ditawarkan kepada investor sudah jadi dan sudah beroperasi dengan tenant skala besar yang masa sewanya antara 5-20 tahun. Kedua, investor memperoleh keuntungan dari hasil sewa dan capital gain saat properti tersebut dilepas oleh REDEV ke investor lain. Ketiga, REIG dijalankan secara profesional dan transparan sehingga investasi menjadi lebih secure. Keempat, jumlah investasinya dalam satuan investasi tidak terlalu besar dengan keuntungan yang menjanjikan.

Di Indonesia REDEV telah menunjuk Tony Eddy & Associates (TEA) untuk memasarkan investasi dalam bentuk REIG di Kanada. Mengenai REDEV, Tony Eddy, chairman TEA mengatakan perusahaan ini memiliki reputasi yang baik dalam hal mengelola REIG, sehingga income dan value yang diperoleh investor bisa maksimal.

Dalam hal memilih properti komersial yang akan dibeli, REDEV juga sangat mempertimbangkan anchor tenant yang ada di dalamnya. Pertimbangan ini sangat penting mengingat investor menginginkan adanya rental guarantee agar investasinya menguntungkan. “Selain itu, di Kanada, REDEV hanya membeli properti komersial di prime location yang memiliki potensi pertumbuhan tinggi,” ujar Tony.

Sebagai catatan, pertumbuhan properti komersial di Kanada adalah yang paling stabil di dunia. Maka dari itu tidak aneh bila dana-dana pensiun yang ada di Kanada diinvestasikan di properti komersial. Hingga kini REDEV sudah mengelola puluhan properti komersial di Kanada dalam bentuk investasi REIG a.l.. Astleridge Plaza, Leduc Town Square, Parsons Place, MacEwan Shopping Centre, Bower Plaza, Inglewood Towne Centre, Northmount Village, Broadview Plaza, Sturgeon Plaza, Trail South Plaza, Newport Village, dan masih banyak lagi properti komersial lainnya. Sedangkan saat ini REDEV menawarkan investasi REIG untuk Bella Vista Plaza, Rockwood Square, dan Van Leeuwen Centre di Ottawa. Bella Vista berlokasi di daerah suburb LaSalle dengan 100% ruang tersewa.

Perekonomian LaSalle yang tumbuh rata-rata 14% periode 2001-2006, akan menjadikan harga properti di sini, termasuk Bella Vista Plaza, tumbuh spektakuler. Sedangkan Rockwood Square berlokasi di Beltline, sebelah utara Calgary. Penyewa di sini juga sudah mencapai 100%. Selain properti komersial di LaSalle dan Calgary, REDEV juga menawarkan investasi REIG di Provinsi Alberta. Dibandingkan daerah lainnya, Alberta memang leading dalam hal harga properti komersial, termasuk pula dalam hal monthly rental yield, dimana Alberta mencatat record tertinggi.

Dalam 20 tahun terakhir, ekonomi provinsi ini juga tumbuh spektakuler dibandingkan provinsi lainnya. Dengan jaminan kepastian hukum atas properti yang dibeli, business friendly environment, infrastruktur yang modern, stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi Kanada yang relatif stabil, membuat investor tidak perlu ragu menanamkan investasinya dalam bentuk REIG di Kanada. Tentu saja setiap investasi ada risikonya.

Begitu pula halnya dengan REIG. Risiko yang bisa saja muncul adalah tidak terjualnya kompleks properti komersial itu ketika harus dilepas pengelola [REDEV] kepada pihak ketiga. Tapi itu kemungkinannya sangat kecil, mengingat proyek tersebut punya prospek cerah dan biasanya dibeli perusahaan lain untuk kemudian dijual dalam bentuk Real Estate Investment Trust (REIT).

Lagi pula, sebelum memindahtangankan proyek tersebut ke pihak ketiga, REDEV harus mendapat persetujuan setidaknya dari 2/3 investor REIG. Bila suara tidak mencapai 2/3 maka REDEV tidak bisa menjual proyek properti itu secara sepihak. Klausul-klausul seperti inilah yang membuat investasi dalam bentuk REIG di Kanada menjadi minim risiko. Mungkin Anda berminat mencobanya? (Deddy H. Pakpahan)